Cast

×

Urutan Planet di Tata Surya dan Penjelasannya

Jan 17, 2023

Bagikan:

Halo Sobat SaBi! Kamu tau nggak, kalo di tata surya ada 8 planet yang beredar mengelilingi matahari? Kali ini, kita akan bahas satu per satu dari kedelapan planet tadi. Penasarannn? Langsung simak penjelasan di bawah ya!

1. Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya, dengan jarak paling dekat dengan matahari.

2. Venus

Planet Venus selalu tampak bercahaya terang, berjarak paling dekat dengan Bumi, dan mempunyai ukuran yang hampir sama dengan Bumi. Sobat SaBi tau nggak, kalau planet Venus ternyata punya nama sebutan, lho. Jadi, ketika terlihat di sebelah timur sebelum matahari terbit, Venus disebut Bintang Timur/Bintang Pagi. Sebaliknya, waktu terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam, Venus disebut Bintang Barat, Bintang Senja, atau Bintang Malam. Selain nama-nama itu, ada 1 lagi nama sebutan buat planet Venus, yaitu Bintang Kejora. Wahhhh, ternyata banyak juga nama sebutan planet Venus.

3. Bumi

Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup, dan dua pertiga dari permukaan bumi ditutupi oleh air. Planet ini memiliki 1 satelit, yaitu bulan.

4. Mars

Kenapa Planet Mars sering disebut Planet Merah? Karena jika dilihat langsung dengan mata atau teropong terlihat berwarna kemerah-merahan. Pada saat bersinar terang, kita dapat melihat Mars dengan mudah di langit, yaitu saat Bumi berada diantara Mars dan Matahari, tetapi tidak pada posisi segaris. Pada saat bersinar redup, Mars berada paling jauh dari Bumi dan hanya terlihat seperti planet merah.

5. Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya, sering disebut sebagai Tubuh Raksasa karena memiliki massa lebih kurang 300 kali massa bumi. Planet ini terlihat cerah berwarna merah kecoklatan karena memantulkan kembali 70% cahaya matahari yang diterimanya.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet kedua terbesar di tata surya setelah Yupiter. Jika dilihat, Sobat SaBi pasti mengira planet ini memiliki cincin. Sebenarnya bukan, karena itu adalah bongkahan es atau batu kerikil yang dilapisi es. Planet ini berwarna kekuning-kuningan.

7. Uranus

Tau nggak siapa yang menemukan planet ini? Planet ini ditemukan oleh Sir William Herschel, berasal dari Inggris, pada tahun 1781. Planet Uranus memiliki 27 satelit. Lima satelit terbesarnya yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon.

8. Neptunus

Neptunus sering disebut dengan Kembaran Uranus. Planet ini memiliki 14 satelit dan 3 satelit terbesarnya, yaitu Triton, Nereid, dan Proteus.

Baca juga : SayaBisa Sambut Tahun baru dengan 2 Segmen Baru!

Nah, itu tadi beberapa planet di tata surya. Sobat SaBi juga bisa melihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, dan fitur seru lainnya ya! 

Baca juga