Cast

×

Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia - R.A. Kartini

Apr 18, 2023

Bagikan:

Sobat SaBi pada tau nggak, setiap tanggal 21 April kita memperingati hari apa? HARI KARTINI!!! Buat kamu yang mau tau lebih jauh tentang perjuangan R.A Kartini, langsung simak artikel di bawah yaa!

R.A Kartini

Siapa sih yang gak kenal sama Kartini? Raden Ajeng Kartini atau sering dikenal sebagai R.A Kartini merupakan pelopor emansipasi wanita Indonesia. Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Kartini punya hobi membaca buku, terutama buku yang membahas tentang kemajuan wanita di luar negeri. Dari hobinya inilah, Ia bercita-cita untuk memajukan dan mengangkat derajat kaum wanita Indonesia melalui pendidikan agar mereka mendapat hak dan kecakapan yang sama dengan kaum pria. Sejak saat itu,timbul niat untuk mendirikan sekolah bagi kaum wanita. 

Di umurnya yang ke-12, Kartini berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di ELS (Europese Lagere School). Pada usia 15 tahun, Kartini harus berhenti sekolah karena ayahnya memutuskan agar Kartini menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat, Bupati Rembang.

Perjuangan Kartini dimulai dari cita-citanya untuk mendirikan sekolah bagi kaum wanita. Setelah menikah, Kartini mendirikan sekolah khusus bagi kaum wanita, dan diberi nama Sekolah Kartini. Di sekolah tersebut, murid-murid banyak diajarkan untuk membaca, dan menulis. Kemudian, sekolah Kartini mulai bermunculan di berbagai daerah, seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Malang, Madiun, Cirebon, dan masih banyak lagi. 

Habis Gelap Terbitlah Terang

Sobat SaBi, Pipo mau tau dong.. Siapa yang suka membaca dan menulis? Ayo angkat tangan! 🙋🏻‍♂️🙋🏻‍♀️

Kamu tau nggak, ternyata R.A Kartini aktif menulis sejak kecil, karena Ia tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Karena ketertarikan itu, Kartini gak bisa lepas dari berbagai bacaan, seperti buku, koran, majalah dari Eropa. Dari hal itu, Kartini berkeinginan untuk mengangkat derajat kaum wanita Indonesia yang memiliki status sosial rendah. 

Selain itu, Kartini juga rajin mengirim surat kepada teman-temannya di Belanda. Dalam surat itu, Kartini menuangkan cita-citanya untuk memajukan wanita Indonesia. Selanjutnya, kumpulan dari surat-surat yang ditulis oleh Kartini diterbitkan menjadi sebuah buku, kini dikenal dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Baca juga : Cara Menghargai dan Meneladani Jasa Para Pahlawan

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pahlawan emansipasi wanita Indonesia, R.A Kartini. Sobat SaBi juga bisa melihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, dan fitur seru lainnya ya! 

Baca juga