Cast

×

Peninggalan Sejarah Bercorak Buddha di Indonesia

Apr 10, 2023

Bagikan:

Halo Sobat SaBi! Sebelumnya, kita udah pernah bahas mengenai peninggalan sejarah becorak Hindu di Indonesia. Kali ini, kita mau bahas lebih jauh mengenai peninggalan sejarah bercorak Buddha yang ada di Indonesia. Penasarannn? Langsung simak penjelasan di bawah ya!

1. Prasasti

Ada beberapa prasasti bercorak Buddha yang ditemukan di dekat Palembang, diantaranya:

  • Prasasti Kedukan Bukit (683M)
  • Prasasti Talang Tuo (684M)
  • Prasasti Telaga Batu 
  • Prasasti Bukit Siguntang

Selain itu, ada 3 prasasti lain yang ditemukan, yaitu : 

  • Prasasti Kota Kapur di dekat Bangka (686M)
  • Prasasti Karang Berahi di dekat Jambi (686M)
  • Prasasti Palas Pasemah di Lampung

2. Candi dan Arca

Sobat SaBi ada yang tau nggak, ada beberapa candi yang berasal dari peninggalan sejarah bercorak Buddha, yaitu Candi Muara Takus, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Kalasan, dan masih banyak lagi.

a. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan salah satu candi tertua yang terletak di Kampar, Riau, Sumatra. Sampai sekarang, para ahli belum dapat memastikan kapan candi ini didirikan, tapi candi ini sudah ada pada zaman keemasan Sriwijaya. 

b. Candi Borobudur

Siapa yang gak tau Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu contoh peninggalan sejarah bercorak Buddha di Indonesia. Candi ini terletak di daerah Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. 

Candi Borobudur memiliki arca yang terdiri dari berbagai macam posisi yang mengandung makna tersendiri, diantaranya:

  1. Dharmacakra Mudra (perputaran roda hukum), melambangkan khotbah pertama Sakyamuni di Taman Rusa, Benares.
  2. Vara Mudra, menggambarkan seorang Dhyani Buddha bernama Ratnasambhava.

Kita udah bahas tentang arca, Sobat SaBi tau nggak apa itu arca? Arca merupakan patung yang dibuat untuk sarana pemujaan Tuhan atau dewa-dewi.

c. Candi Mendut

Candi Mendut didirikan oleh Raja Indra, pada tahun 824M, terletak di sebelah timur Candi Borobudur. Di Candi Mendut, ada 3 arca Buddha yaitu Sakyamuni, Padmapani, dan Wajrapani.

Baca juga : Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Majapahit

Nah, itu tadi beberapa contoh peninggalan sejarah bercorak Buddha di Indonesia. Sobat SaBi juga bisa melihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, dan fitur seru lainnya ya! 

Baca juga