Cast

×

Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Majapahit

Mar 2, 2023

Bagikan:

Halo Sobat SaBi! Siapa disini yang suka explore sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia? Hari ini, Pipo dan Lula mau ajak Sobat SaBi buat belajar lebih detail tentang sejarah singkat berdirinya kerajaan Majapahit. 

Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan bercorak Hindu terbesar di Nusantara, yang didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 M. Setelah menjadi raja, Raden Wijaya bergelar Kertarajasa Jayawardana. Kerajaan Majapahit berada di puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk yang bergelar Rajasanegara pada tahun 1350 – 1389 M. 

Pada tahun 1292 M atau abad ke-13, terjadi pemberontakan di Kerajaan Singasari yang dilakukan oleh Jayakatwang dari Kerajaan Kediri. Pada saat Kerajaan Singasari berada di ujung tanduk, Raden Wijaya yang merupakan seorang keturunan Singasari berhasil meloloskan diri dan menyebrang ke Madura untuk  meminta bantuan dari Arya Wiraraja. Dengan bantuan dari Arya Wiraraja, Raden Wijaya dianjurkan untuk kembali ke Kediri dan berpura-pura mengabdikan diri ke Jayakatwang. Dalam pelariannya, Raden Wijaya menerima hadiah tanah di Hutan Tarik dan dengan bantuan pengikutnya, mereka mulai membangun daerah tersebut dan diberi nama Majapahit. 

Sobat SaBi pernah kepikiran nggak, nama Majapahit itu didapat darimana? Jadi,salah seorang pekerja menemukan buah maja yang tumbuh di hutan dan memakannya. Karena rasanya yang  pahit, maka daerah itu dinamakan Majapahit.

Seiring berjalannya waktu, Majapahit berkembang jadi makin kuat dan pesat, serta mendapat banyak simpati dari penduduk Daha dan Tumapel. Ga cuma itu, niat balas dendam Raden Wijaya terhadap Jayakatwang juga terbantu dengan mendaratnya 20.000 tentara pasukan China di Tuban yang dikirim oleh Kubilai Khan pada tahun 1293 M. Pengiriman pasukan ini bertujuan untuk menghukum Kertanegara yang telah menghina Kubilai Khan. Akhirnya, Raden Wijaya memutuskan untuk bekerja sama dengan tentara China dan mereka berhasil mengalahkan Jayakatwang.

Setelah itu, Raden Wijaya mengatur siasat untuk mengusir tentara China dengan mengadakan pesta besar-besaran hingga tentara China mabuk. Pada saat itu juga, Raden Wijaya langsung memerintahkakn pasukanknnya untuk menyerang pasukan China hingga sebagian tewas dan beberapa pasukan lainnya yang selamat kembali ke daerah asalnya. Pada tahun 1293 M, Raden Wijaya naik tahta sebagai Raja Majapahit pertama dengan gelar Kertajasa Jayawardana.

Raden Wijaya wafat pada tahun 1309 M, dengan meninggalkan 3 orang anak, diantaranya dua anak perempuan dan satu anak laki-laki. Dua anak perempuan dari istrinya, Gayatri, yaitu Bhre Kahuripan dan Bhre Daha. Dan satu anak laki-laki dari istri lain, Prameswari, yaitu Jayanegara. 

Setelah Raden Wijaya wafat, ia digantikan oleh Jayanegara. Pada masa itu, di Majapahit banyak  terjadi pemberontakan, diantaranya:

  1. Pemberontakan Ranggalawe (1309 M)
  2. Pemberontakan Sora (1311 M)
  3. Pemberontakan Nambi (1316 M)
  4. Pemberontakan Kuti (1319 M)

Baca juga : Kerajaan Kutai dan Tarumanegara: Sejarah, Masa Kejayaan, dan Peninggalannya

Nah, itu tadi sejarah singkat berdirinya kerajaan Majapahit. Kalo Sobat SaBi mau tau lebih lengkap mengenai kerajaan-kerajaan di Indonesia, kamu bisa download aplikasi SayaBisa disini! Kamu juga bisa lihat video pelajaran lainnya melalui YouTube Channel Geniora SayaBisa

Byeee!

Baca juga