Cast

×

Kerajaan Kutai dan Tarumanegara: Sejarah, Masa Kejayaan, dan Peninggalannya

Feb 24, 2022

Bagikan:

Hi teman-teman! Siapa disini yang suka belajar sejarah? Hari ini, Pipo dan Lula mau ajak kamu belajar tentang sejarah Kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Daripada kelamaan, yuk kita simak cerita di bawah!

Sejarah Kerajaan Kutai 

Kerajaan Kutai ditemukan di Muara Kaman, tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur pada 400 Masehi. Kamu tau nggak, ternyata Kerajaan Kutai merupakan Kerajaan Hindu pertama dan tertua di Indonesia, lho! Kerajaan ini pertama kali dipimpin oleh raja Kudungga, dilanjutkan oleh anaknya Aswawarman dan dilanjutkan lagi oleh Mulawarman atau sering dikenal sebagai raja terbesar di Kutai. Pada masa pemerintahan Mulawarman, Kerajaan Kutai mengalami perubahan, dari yang awalnya merupakan Kerajaan Hindu berubah menjadi Kesultanan Islam atau dikenal sebagai Kerajaan Kutai Kartanegara. 

 

 

 

 

Masa Kejayaan Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Mulawarman. Selain itu, Raja Mulawarman dikenal sebagai raja yang baik, kuat, dan mampu meningkatkan kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Kerajaan Kutai di sektor pertanian dan perdagangan. 

Runtuhnya Kerajaan Kutai

Pada tahun 1935, setelah masa pemerintahan Raja Mulawarman berakhir, Kerajaan Kutai dipimpin oleh Maharaja Dharma Setia. Sejak saat itu, Kerajaan Kutai dinyatakan runtuh karena terjadi perebutan kekuasaan antara Kerajaan Kutai Martapura (pemeluk agama Hindu) dengan Kerajaan Kutai Kartanegara (pemeluk agama Islam).

Peninggalan Kerajaan Kutai

Ada beberapa peninggalan Kerajaan Kutai yang bisa kita ketahui, diantaranya prasasti dan yupa. Prasasti adalah tulisan yang diukir di atas batu, sedangkan Yupa adalah tugu yang ditulis sebagai tanda peringatan. Yupa merupakan salah satu jenis prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dalam bahasa Sansekerta. Salah satu yupa yang terkenal adalah yupa yang menjadi penanda upacara pemberian 20.000 ekor sapi pada kaum Brahmana dari Raja Mulawarman sebagai ucapan syukur.

Nah, itu tadi sejarah, masa kejayaan, dan peninggalan Kerajaan Kutai. Selanjutnya, yuk kita bahas sejarah Kerajaan Tarumanegara!

Sejarah Kerajaan Tarumanegara 

Pada tau gak, siapa itu Fa-Hsien? Fa-Hsien adalah seorang musafir Cina yang banyak menulis sejarah tentang Kerajaan Tarumanegara.

Kerajaan Tarumanegara merupakan salah satu Kerajaan Hindu terbesar di Indonesia dan tertua di Pulau Jawa. Kerajaan ini ditemukan di Bogor, Jawa Barat pada 450 Masehi dan dipimpin oleh Raja Purnawarman. Selain itu, mata pencaharian utama masyarakat Tarumanegara adalah bertani.

Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara mencapai masa kejayaan pada masa pemerintahan Raja Purnawarman. Purnawarman dikenal sebagai raja yang gagah, berani, dan berperan penting dalam memajukan Kerajaan Tarumanegara dengan membuat saluran air di Sungai Candrabaga dan saluran Gomati. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengairi lahan pertanian, mencegah banjir, dan meningkatkan ekonomi rakyat karena bisa dijadikan sarana lalu lintas perdagangan. 

Runtuhnya Kerajaan Tarumanegara

Penyebab utama keruntuhan Kerajaan Tarumanegara adalah karena adanya serangan dari kerajaan lain (serangan dari Kerajaan Majapahit saat Kerajaan Tarumanegara di bawah kepemimpinan Raja Sudawarman), pengalihan kekuasaan dari Kerajaan Tarumanegara menjadi Kerajaan Sunda di bawah kepemimpinan raja Tarusbawa, dan kekosongan kepemimpinan karena tidak ada penerus Kerajaan setelah Raja Linggawarman wafat. 

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Beberapa peninggalan Kerajaan Tarumanegara yaitu prasasti dan arca. Prasasti adalah tulisan yang diukir di atas batu. Salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun, terletak di Kampung Muara, Bogor. Prasasti ini ditandai dengan bentuk tapak kaki dari Raja Purnawarman, ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Selain Prasasti Ciaruteun, masih ada prasasti Kebon Kopi, Tugu, Lebak (Cidanghiyang), Jambu (Pasir Koleangkak), Pasir Awi, dan Muara Cianten. Arca adalah patung yang terbuat dari batu dan dipahat menyerupai bentuk manusia atau binatang, biasanya digunakan untuk media keagamaan. 

Baca juga: Belajar Asik Di mana Saja dan Kapan Saja

Nah, itu tadi sejarah, masa kejayaan, dan peninggalan Kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Kalo teman–teman mau tau lebih lagi tentang kerajaan – kerajaan yang ada di Indonesia, langsung aja download aplikasi SayaBisa sekarang juga! Kamu bisa akses video pelajaran, e-book, audio book, latihan soal, dan masih banyak lagi. 

 

Baca juga