×

Belajar Asik Di mana Saja dan Kapan Saja

Jan 12, 2022

Bagikan:

Bagi kamu yang masih bersekolah, pastinya tahu dong kalau pendidikan itu gak jauh-jauh dari yang namanya proses belajar. Belajar merupakan suatu proses mendalami dan memahami suatu pengalaman baru, bukan sekedar dapat nilai bagus dan peringkat satu, tapi kamu bisa belajar banyak dari prosesnya. Beberapa orang beranggapan kalau aktivitas belajar itu sangat membosankan sehingga bikin kita jadi malas belajar. Padahal, belajar sudah menjadi kebutuhan pokok kita semua sejak dulu. Mungkin kamu pernah merasa jenuh, pusing, dan malas belajar, tetapi perasaan seperti itu harus dihadapi ya..

Di kondisi pandemi saat ini, banyak pelajar yang malas untuk belajar karena berbagai alasan, seperti pelajaran yang sulit dipahami, banyak gangguan dari luar, rasa bosan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut menunjukkan bahwa para pelajar lebih suka dengan hal-hal yang menyenangkan daripada belajar karena dianggap sebagai hal yang membosankan. Kira-kira apakah kegiatan belajar bisa menjadi kegiatan yang asik? Ada banyak cara agar belajar menjadi lebih menyenangkan melalui kampanye gaya hidup belajar yang asik. Kira-kira kebayang gak belajar yang asik dan jadi gaya hidup itu kayak gimana sih? Begini beberapa caranya..

1. Waktu Belajar Secukupnya

Biasanya, waktu belajar yang baik dan efektif adalah 1-2 jam per hari. Oh iyaa.. Akan lebih baik kalau kamu juga menyediakan waktu untuk istirahat sejenak yaa.. Jadi, kamu jangan terlalu memaksakan diri untuk terus belajar sampai akhir. Apalagi ketika waktu belajar yang diperlukan lebih dari 2 jam, karena kalau terlalu lama belajar, otak kamu pasti lelah dan tidak fokus sehingga belajar menjadi kurang efektif lagi. 

2. Merangkum dan Memahami Topik Pembelajaran

Merangkum adalah cara belajar dengan mencatat inti pokok dari setiap topik, sehingga memudahkan kamu untuk memahami dan mempelajari materi. Selain mencatat, kamu juga bisa merangkum dengan cara mind mapping. Mind mapping dinilai sangat efektif jika materi yang kamu  pelajari cukup banyak. 

Selain itu, ada satu kebiasaan belajar yang paling banyak dilakukan oleh para pelajar saat ini yaitu dengan cara menghafal. Padahal, menghafal dinilai kurang efektif karena kamu tidak memahami materi pembelajaran secara detail, sehingga kemungkinan kamu lupa materi saat menghadapi ujian cukup besar.

3. Belajar pakai aplikasi SayaBisa

Kamu malas belajar karena harus bawa banyak buku? Atau bingung gimana cara belajar yang efektif  kalau lagi di luar rumah? Tenangg.. Dengan SayaBisa, aktivitas belajar kamu jadi lebih asik dan nggak ngebosenin!

Belajar Asik Di mana Saja dan Kapan Saja

Gak perlu lagi kuatir, repot, dan malas belajar karena harus bawa banyak buku pelajaran pas di luar rumah.. Ada aplikasi SayaBisa yang memudahkan kamu untuk tetap bisa belajar di mana saja dan kapan saja, bahkan sambil melakukan aktivitas lain. SayaBisa dilengkapi fitur-fitur menarik dengan berbagai topik pembelajaran yang bisa kamu pilih untuk dipelajari. Setiap topik tersedia e-book, audio, video, dan kuis yang seru-seru banget pastinya! Jadikan SayaBisa sebagai teman belajar kamu, di mana saja dan kapan saja, melalui aplikasi SayaBisa di smartphone kamu. Praktis, mudah, dan asik.

Baca juga: 5 Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) 

Nah, itu tadi informasi seputar kampanye gaya hidup belajar asik dari Geniora “Belajar Asik Di mana Saja dan Kapan Saja”. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa sekarang juga! 

Baca juga