Cast

×

Rotasi dan Revolusi Bumi : Pengertian dan Akibatnya

May 10, 2023

Bagikan:

Sobat SaBi pernah kepikir nggak, kenapa kok bisa ada siang dan malam? Ternyata itu semua disebabkan karena adanya rotasi bumi. Tapi kalian tau nggak sih apa itu rotasi bumi? Daripada penasaran, yuk kita bahas bersama!

Rotasi Bumi

Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada poros/sumbunya. Tapi Sobat SaBi tenang aja, karena makhluk hidup didalamnya nggak ikut berputar. Hal ini disebabkan karena adanya gravitasi bumi. Ada beberapa akibat dari terjadinya rotasi bumi, diantaranya : 

1. Terjadinya siang dan malam

Akibat rotasi bumi yang pertama yaitu terjadinya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada dua bagian bumi yang sebagian menghadap matahari dan sebagian lainnya membelakangi matahari. Bagian bumi yang menghadap matahari menjadi terang dan disebut siang hari. Sedangkan, bagian bumi yang membelakangi matahari menjadi gelap dan disebut malam hari. 

2. Perbedaan waktu di berbagai daerah

Selain terjadinya siang dan malam, rotasi bumi juga mengakibatkan terjadinya perbedaan waktu di berbagai daerah. Misalnya, waktu di Korea Selatan 2 jam lebih cepat dibandingkan waktu di Indonesia. 

3. Gerak semu harian matahari

Sobat SaBi tau nggak, kita nggak bisa merasakan atau melihat bumi berotasi pada sumbunya tapi kita bisa melihat pengaruh dari gerak rotasi bumi yaitu matahari terbit di sebelah timur dan bergerak ke sebelah barat. Gerak matahari ini disebut dengan gerak semu harian. Sebenarnya, gerakan ini nggak cuma terjadi pada matahari, lho. Tapi juga terjadi pada semua benda langit lainnya, seperti bintang dan bulan. 

Revolusi Bumi

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi memerlukan waktu selama 365 hari atau 1 tahun untuk satu kali mengelilingi matahari. Pada waktu bumi mengelilingi matahari, sumbu bumi miring dengan arah yang sama yaitu 23,5 derajat dari garis tegak lurus pada ekliptika.

Akibat dari terjadinya revolusi bumi, yaitu terjadinya perubahan musim. Perubahan musim ini terjadi di belahan bumi utara dan selatan. Ada 4 musim di bumi, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Hayo, kalian paling suka sama musim apa nih? 🤭🤭 Berikut, kita akan bahas mengenai bagian bumi yang mengalami perubahan dan perbedaan musim selama satu tahun, diantaranya : 

Waktu Belahan Bumi Utara Belahan Bumi Selatan
A 21 Maret – 21 Juni Musim semi Musim gugur
B 21 Juni – 23 September Musim panas Musim dingin
C 23 September – 21 Desember Musim gugur Musim semi
D 21 Desember – 21 Maret Musim dingin Musim panas

 

Baca juga : Perbedaan Meteorit, Komet, dan Asteroid | Tata Surya

Nah, itu tadi pengertian dan akibat dari rotasi dan revolusi bumi. Sobat SaBi juga bisa lihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, kuis, dan fitur seru lainnya!

Baca juga