Cast

×

Perbedaan Meteorit, Komet, dan Asteroid | Tata Surya

May 3, 2023

Bagikan:

Halo Sobat SaBi, siapa disini yang suka belajar tentang benda-benda langit? Coba sebutin benda langit yang kamu tau! Ada planet, satelit, bintang, meteorit, komet, asteroid, dan masih banyak lagi. Kali ini, kita mau bahas lebih detail mengenai perbedaan meteoroid, komet, dan asteroid. Kira-kira ada apa aja ya? Langsung cek artikel di bawah!

1. Meteoroid

Taukah kamu, di angkasa ada banyak benda-benda langit berukuran kecil yang tidak memiliki lintasan yang jelas, yang menyebabkan benda-benda langit bisa bergerak bebas di angkasa dengan kecepatan tinggi. Benda ini disebut dengan meteoroid. Meteoroid biasanya akan terbakar habis akibat bergesekan dengan atmosfer. Namun, jika meteoroid tidak habis terbakar dan mencapai permukaan bumi, benda itu disebut meteorit. Menurut para ahli, meteorit tersusun atas logam besi dan nikel. Contoh meteorit yang jatuh di Indonesia disimpan oleh Museum Geologi Bandung.

Perbedaan meteoroid, meteor, dan meteorit

Penjelasan
Meteoroid Benda-benda langit berukuran kecil yang tidak punya lintasan yang jelas dan bergerak sangat cepat.
Meteor Meteroid yang berpijar ketika bergesekan dengan atmosfer.
Meteorit Meteoroid yang mencapai permukaan bumi.

2. Komet

Komet atau sering dikenal sebagai bintang berekor merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang berbentuk sangat lonjong. Komet tersusun atas kumpulan debu dan gas yang selanjutnya akan membeku ketika komet berada jauh dari matahari. Ada beberapa contoh komet yang sudah diketahui, diantaranya:

No Nama Komet Waktu Tampak
1 Komet Encke 3 tahun sekali
2 Komet Halley 76 tahun sekali
3 Komet West Tahun 1976

3. Asteroid

Asteroid merupakan benda-benda langit berukuran kecil yang mengelilingi matahari pada lintasan tertentu. Asteroid memiliki bentuk tak beraturan, tapi beberapa asteroid memiliki bentuk yang hampir bulat.

Baca juga : Urutan Planet di Tata Surya dan Penjelasannya

Nah, itu tadi perbedaan meteorit, komet, dan asteroid. Sobat SaBi juga bisa melihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, dan fitur seru lainnya ya! 

Baca juga