Cast

×

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan agar Bebas dari Penyakit

Feb 11, 2022

Bagikan:

Siapa nih yang sering menganggap kebersihan sebagai hal sepele, padahal kalau didiamkan terus menerus bisa mempengaruhi kesehatan, lho.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, virus, dan bakteri, seperti debu, sampah, dan bau. Sedangkan, kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat kerja, dan sarana umum lainnya. 

Kamu tau nggak, ternyata menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga keluarga dan orang lain. Ada beberapa manfaat menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya:

  • Lingkungan jadi lebih aman, bersih, dan sejuk
  • Bebas dari polusi udara
  • Air jadi lebih bersih dan aman untuk diminum
  • Meningkatkan kualitas kesehatan 
  • Mengurangi risiko penyakit menular, seperti demam berdarah.
  • Mengurangi risiko banjir karena tidak ada sampah yang menyumbat saluran air

Nah, itu tadi beberapa manfaat menjaga kebersihan lingkungan. Kamu bisa menjaga kebersihan lingkungan mulai dari hal simple, seperti menyapu rumah, membuang sampah pada tempatnya, dan masih banyak lagi. 

Pipo mau tau dong.. Lingkungan di sekitar tempat tinggalmu termasuk lingkungan yang bersih atau kotor nih? Dan apa aja yang sudah kamu lakukan buat menjaga kebersihan lingkungan di sekitarmu?

Kali ini, Pipo mau kasih tau beberapa cara menjaga kebersihan agar bebas dari penyakit. Tapi sebelum itu, Pipo mau bahas dulu tentang ciri-ciri lingkungan yang sehat dan tidak sehat, biar kamu bisa lebih mengenali kondisi lingkungan di sekitarmu. 

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bebas dari bakteri, sampah dan pencemaran. Selain itu, udara dan air di lingkungan sehat cenderung bersih, segar, tidak tercemar, dan tidak berbau. 

Ciri-Ciri Lingkungan Tidak Sehat

Biasanya, kualitas udara di lingkungan yang tidak sehat cenderung kotor dan berdebu, sehingga muncul banyak virus atau bakteri penyebab penyakit. Selain itu, air di lingkungan kotor juga sudah tercemar, sehingga menimbulkan bau tak sedap. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya sampah yang berserakan, serta lalat dan nyamuk di lingkungan tersebut. 

Cara menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang tidak sehat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diare dan demam berdarah. Selain itu, udara yang kotor bisa menyebabkan sesak nafas, batuk, dan gatal-gatal. Untuk menghindari masalah penyakit tersebut, sebaiknya kita menjaga kebersihan lingkungan di sekitar yaa. 

Beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari penyakit, diantaranya: 

1. Membuang sampah pada tempatnya

Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Misalnya, jika kamu menemukan sampah berserakan, kamu bisa membuangnya ke tempat sampah. Jadi, ga cuma petugas kebersihan aja yang melakukannya, tapi bisa dimulai dari kesadaran diri sendiri untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan.

2. Melakukan pemilahan sampah sesuai jenisnya

Tempat sampah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu organik dan anorganik. Sampah organik / sampah basah adalah sampah yang bisa diolah dan dijadikan pupuk, sedangkan sampah anorganik / sampah kering adalah sampah yang tidak bisa diurai atau membusuk. Kamu bisa memilah sampah di lingkungan sekitarmu dengan melakukan sosialisasi ke warga sekitar untuk memisahkan sampah dengan membuangnya ke tempat sampah sesuai dengan jenisnya. Oh iyaa.. Dengan memisahkan kedua jenis sampah, secara otomatis kamu juga sudah berkontribusi dalam membantu proses pengolahan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan, lho.

3. Melakukan kegiatan kerja bakti

Menjaga kebersihan lingkungan bisa dilakukan dengan rutin mengadakan kegiatan kerja bakti atau gotong royong. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan mempererat hubungan antar warga, sehingga bisa mewujudkan kebersihan lingkungan bersama. Biasanya, hal ini dilakukan sekali dalam seminggu. 

4. Rajin menanam tanaman

Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, kamu bisa melakukan penghijauan juga, lho! Makin banyak pohon dan tanaman, maka lingkungan akan terasa lebih bersih dan sejuk. 

Baca juga: Cara Menjaga Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat

Nah, itu tadi beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari penyakit. Teman-teman juga bisa nonton video pelajaran dan seru-seruan di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Download aplikasi SayaBisa sekarang juga untuk mengakses e-book, audio, dan latihan soal. 

Baca juga