Cast

×

Cara Menjaga Organ Pernapasan Agar Tetap Sehat

Jul 27, 2021

Bagikan:

Bernapas mempunyai peran penting untuk keberlangsungan hidup manusia, sehingga organ pernapasan harus dijaga dengan mengubah pola gaya hidup menjadi lebih sehat. Ada beberapa cara yang bisa teman-teman terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru dan organ pernapasan lainnya diantaranya: 

1. Olahraga secara rutin dan teratur

 

 

 

 

 

Rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan paru-paru dan melancarkan sirkulasi peredaran darah sehingga oksigen yang disalurkan ke otak dan ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

2. Mengkonsumsi makanan sehat, bergizi, dan seimbang

 

 

 

 

 

Teman-teman bisa mengganti pola makan kalian dengan menu sehat dan bergizi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein (daging, telur, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai), sayur dan buah (brokoli, kale,apel, pisang, alpukat), susu dan olahannya.

3. Menghindari asap rokok

 

 

 

 

 

Asap rokok sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit, terutama pada organ pernapasan. Dimana toksin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan kinerja paru-paru menjadi tidak optimal sehingga muncul berbagai penyakit seperti infeksi pernapasan (bronkitis dan pneumonia), asma, dan batuk.

4. Rajin mencuci tangan agar terhindar dari bakteri dan virus

 

 

 

 

 

Rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun dapat menghindarkan teman-teman dari bakteri, virus, dan kotoran yang dapat menyebabkan penyakit. 

5. Menghindari polusi udara

 

 

 

 

 

Penggunaan masker bisa menjadi solusi untuk teman-teman dalam meminimalisir masuknya debu dan kotoran ke organ pernapasan terutama saat teman-teman berkendara menggunakan sepeda motor dan berjalan kaki. 

6. Istirahat yang cukup

 

 

 

 

 

Waktu tidur yang cukup sekitar 6-8 jam per hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, menurunkan risiko penyakit seperti jantung, ginjal, diabetes dan penyakit kronis lainnya. 

7. Menjaga kebersihan lingkungan

 

 

 

 

 

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting karena berpengaruh pada udara di sekitar kita yang akan kita hirup. Dengan menjaga kebersihan, akan menghindarkan kita dari kuman dan penyakit lainnya.

Baca juga : Mengenal sistem pernapasan manusia

Nah itu tadi cara menjaga organ pernapasan. Teman-teman juga bisa melihat konten video pembelajaran lainnya di Youtube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi Geniora SayaBisa untuk mengakses e-book dan latihan soal serta menerapkan pola hidup sehat ya.

Baca juga