Cast

×

Mengenal Sistem Pernapasan Manusia

Jul 19, 2021

Bagikan:

Bernapas menjadi hal terpenting yang dibutuhkan manusia agar dapat bertahan hidup. Bukan hanya manusia saja, seluruh makhluk hidup termasuk hewan dan tumbuhan juga membutuhkan oksigen. Bernapas merupakan proses menghirup udara (oksigen) dan mengeluarkan karbon dioksida dari paru-paru. Teman-teman tau tidak, ada berbagai organ di dalam tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan manusia diantaranya: 

1. Rongga hidung

bernapas

Organ pertama yang membantu proses pernapasan manusia yaitu rongga hidung. Pada rongga hidung di dalamnya terdapat bulu hidung dan selaput lendir. Bulu hidung berfungsi untuk menyaring udara yang masuk sehingga debu, kotoran, dan penyakit tidak masuk ke dalam rongga hidung. Selaput lendir berfungsi untuk menghasilkan ingus sehingga hidung terlindung dari bakteri dan kotoran. Selain itu, selaput lendir juga berperan untuk mengatur suhu udara yang akan masuk ke paru-paru dan mengatur kelembaban udara agar sesuai dengan kelembaban tubuh. Nah, di dalam rongga hidung juga terdapat ujung saraf pembau yang berfungsi untuk mencium bau dari udara yang teman-teman hirup.

2. Laring (pangkal tenggorokan)

laring

Selanjutnya, organ pernapasan yang kedua yaitu laring. Laring menghubungkan hidung dengan batang tenggorokan atau biasa teman-teman sebut trakea. Laring berfungsi untuk mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran pernapasan.

3. Trakea (batang tenggorokan)

trrakea

Trakea/batang tenggorokan berperan penting dalam sistem pernapasan manusia. Pada bagian trakea, terdapat selaput lendir dan rambut halus juga lho teman-teman. Dimana trakea berfungsi sebagai akses saluran pernapasan yang menyuplai udara dan mencegah masuknya benda asing ke paru-paru seperti debu dan bakteri, serta mengontrol suhu udara yang masuk ke paru-paru.

4. Bronkus (cabang batang tenggorokan)

bronkus

Organ pernapasan yang keempat yaitu bronkus atau dikenal dengan cabang batang tenggorokan. Bronkus yaitu percabangan yang menghubungkan trakea dengan paru-paru kiri dan kanan, yang berperan penting dalam sistem pernapasan sebagai jalur keluar masuknya udara dan mencegah infeksi. Bronkus bisa terkena peradangan/infeksi lho teman-teman, biasa dikenal dengan penyakit bronkitis. Penyebab bronkitis juga bermacam-macam diantaranya virus, bakteri, alergi, polusi udara, rokok, dan sebagainya.

5. Bronkiolus (anak cabang batang tenggorokan)

bronkiolus

Bronkiolus yaitu cabang dari bronkus yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari bronkus ke alveolus. Alveolus yaitu kantung udara yang berfungsi sebagai tempat mengolah udara dan pada alveolus juga terdapat pembuluh darah. Dimana terjadi pertukaran gas oksigen dan karbondioksida. Bronkiolus juga bisa mengalami gangguan lho teman-teman, diantaranya penyempitan saluran napas, peradangan, dan asma. 

6. Paru-paru (pulmo)

paru paru

Organ terakhir yaitu paru-paru. Letak paru-paru berada di rongga dada. Fungsi utama dari paru-paru yaitu sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida dari darah. 

Baca juga : Cara menjaga organ pernapasan agar tetap sehat

Nah itu tadi berbagai organ pernapasan manusia. Teman-teman jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang ya. Teman-teman bisa melihat konten video pembelajaran lainnya di Youtube Geniora dan jangan lupa download aplikasi Geniora SayaBisa di PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal yaa.

Baca juga