Cast

×

Cara Menghargai dan Meneladani Jasa Para Pahlawan

Nov 1, 2022

Bagikan:

Peristiwa 10 November 1945 atau sering dikenal sebagai Pertempuran Surabaya merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Pada pertempuran ini, para pejuang Indonesia berjuang mempertaruhkan nyawa untuk melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghargai jasa para pahlawan dan sikap apa yang bisa kita teladani dari para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari? 

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ada beberapa cara untuk menghargai jasa para pahlawan, yaitu:

1. Penganugerahan gelar pahlawan nasional, misalnya dengan pemberian gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh Kerajaan Islam, seperti Sultan Hasanuddin, Sultan Iskandar Muda, Pangeran Diponegoro, Sultan Ageng Tirtayasa, dan masih banyak lagi.

2. Memakamkan para pahlawan di tempat terhormat, seperti makam pahlawan.

3. Mengabadikan nama pahlawan sebagai nama jalan, gedung, dan sebagainya.

4. Membangun monumen, patung, tugu peringatan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan.

5. Memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Meneladani Jasa Para Pahlawan

Selain menghargai jasa para pahlawan, kita juga bisa meneladani sikap para pahlawan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

1. Memupuk semangat cinta Tanah Air

Rasa cinta tanah air / nasionalisme harus dipupuk sejak dini, misalnya bangga dengan bangsa sendiri, mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan, mengikuti upacara bendera, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengharumkan nama bangsa, dan menjaga eksistensi bangsa Indonesia secara bersama-sama.

2. Rajin belajar

Rajin belajar merupakan salah satu contoh kita meneladani jasa para pahlawan karena kita sebagai generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Sudah seharusnya kita sebagai generasi muda melanjutkan cita-cita bangsa, sehingga perjuangan para pahlawan tidak sia-sia

3. Rela berkorban

Kita perlu untuk meneladani sikap rela berkorban, bukan untuk kepentingan sendiri tetapi untuk kepentingan bersama. Sama halnya dengan para pahlawan, mereka rela berkorban mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan. Contoh sikap rela berkorban, yaitu membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku (pajak kendaraan dan bangunan), membantu orang yang terkena bencana, dan masih banyak lagi.

4. Pantang menyerah

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mempunyai sikap pantang menyerah. Saat mengalami kegagalan, tidak menyerah begitu saja tetapi terus bangkit dan belajar dari kesalahan yang ada.

5. Saling menghormati dan menghargai

Menghormati dan menghargai perbedaan yang ada sangatlah penting karena untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan juga berjuang bersama dan rela untuk mengesampingkan perbedaan yang ada. Perbedaan-perbedaan tersebut, meliputi perbedaan suku, budaya, agama, daerah, dan sebagainya. Itulah mengapa kita perlu untuk menjunjung tinggi semboyan kita “Bhinneka Tunggal Ika” artinya berbeda-beda tetapi tetap satu

Baca juga : Sejarah Singkat dan Makna Hari Pahlawan 10 November

Nah, itu tadi cara menghargai dan meneladani jasa para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi muda, yuk kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia! Mau tau lebih detail sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan? Langsung download aplikasi Geniora SayaBisa sekarang!

 

Baca juga