Cast

×

Sistem Peredaran Darah Manusia dan Fungsinya

Nov 7, 2022

Bagikan:

Sistem peredaran darah manusia atau sering dikenal sebagai sistem kardiovaskular terdiri dari berbagai organ, dimana setiap organ memiliki peran dan fungsi sendiri. Fungsi utama dari sistem peredaran darah manusia adalah metabolisme, memindahkan zat ke sel dan dari sel, mengedarkan nutrisi, oksigen, dan hormon ke seluruh tubuh. Penasaran gimana cara kerja sistem peredaran darah pada tubuh manusia? Yuk, kita simak penjelasan di bawah!

Organ Peredaran Darah pada Manusia

Sistem peredaran darah manusia terdiri dari 3 komponen penting, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah. Ketiga komponen ini saling berkaitan satu sama lain. Berikut, kita akan bahas fungsi dari setiap organ peredaran darah pada manusia, yaitu:

1. Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital dalam sistem peredaran darah yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa memiliki berat sekitar 300 gram atau setara dengan kepalan tangan. 

Jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Dalam serambi kiri dan bilik kiri, berisi darah bersih yang kaya oksigen, sedangkan serambi kanan dan bilik kanan berisi darah kotor. Selain itu, serambi dan bilik jantung dipisahkan oleh katup jantung, berfungsi untuk menjaga aliran darah agar mengalir ke arah yang benar. 

2. Pembuluh darah

Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi untuk mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya. Pembuluh darah dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan arah aliran darah, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena)

Pembuluh nadi (arteri) berfungsi untuk mengalirkan darah yang mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Sedangkan, pembuluh balik (vena) berfungsi untuk mengalirkan darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Pembuluh balik yang paling besar ada dua, yaitu pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah.

3. Darah

Darah merupakan komponen terpenting dalam sistem peredaran darah manusia yang berfungsi untuk membawa dan mengedarkan sari-sari makanan hasil proses pencernaan ke seluruh tubuh, serta mengedarkan oksigen dan karbondioksida hasil pernapasan.

Baca juga : Mengenal sistem pernapasan manusia

Nah, itu tadi beberapa fungsi organ peredaran darah pada manusia dalam sistem peredaran darah. Mau belajar sistem peredaran darah dalam bentuk video animasi, e-book, dan yang lainnya? Yuk, download aplikasinya sekarang!

Baca juga