Cast

×

6 Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Sep 16, 2021

Bagikan:

Thumbnail - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dilaksanakan pada awal September 2021 di berbagai daerah seperti Palembang, Surabaya, Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Menurut Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meminta seluruh daerah yang berada pada level 1-3 untuk memulai  pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk pembelajaran tatap muka dilakukan dengan sistem rotasi, dimana kapasitas pembelajaran tatap muka dibatasi 50%, sehingga sisanya masih mengikuti kelas secara online. Akan tetapi, keputusan akhir apakah murid akan melakukan pembelajaran tatap muka atau tidak tergantung pada keputusan dari orang tua. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah untuk memulai pembelajaran tatap muka, diantaranya 

  • Guru dan murid sudah melakukan vaksinasi
  • Penerapan protokol kesehatan dengan menyediakan fasilitas pendukung seperti menyediakan hand sanitizer di  beberapa lokasi
  • Penggunaan masker dalam proses belajar mengajar
  • Menyediakan tempat untuk mencuci tangan dilengkapi dengan air dan sabun
  • Pengecekan suhu
  • Menerapkan social distancing
  • Sebelum dan sesudah proses belajar mengajar berlangsung, pihak sekolah wajib untuk melakukan penyemprotan/desinfeksi. 

Baca juga : Tips Persiapan Masuk Sekolah Online

Berikut beberapa tips persiapan pembelajaran tatap muka yaitu:

1. Memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan fit

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan fit sangat penting karena jika imun tubuh dalam keadaan lemah, tubuh jadi mudah terserang virus dan penyakit. Jika teman-teman merasa kurang enak badan, lebih baik beristirahat di rumah dan mengikuti pembelajaran secara online. Cara menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit diantaranya menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter per hari, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup.

2. Pengukuran suhu tubuh di sekolah

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Sebelum masuk ke lingkungan sekolah, sebaiknya teman-teman mengecek suhu dengan menggunakan thermo gun. Suhu tubuh normal berkisar di antara 36,5 – 37,5 derajat celcius. Pada suhu 38 derajat celcius sudah dimasukkan ke dalam kategori demam.

3. Membawa peralatan sendiri

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Untuk mendukung penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah, teman-teman bisa membawa hand sanitizer, bekal dan peralatan makan dan minum dari rumah.

4. Selalu menggunakan masker

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Di masa pandemi, penggunaan masker merupakan hal wajib yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Ada beberapa standar yang ditetapkan pemerintah dalam penggunaan masker dimana masker scuba tidak bisa digunakan karena dinilai tidak efektif dalam menangkal virus covid-19. Kementerian Kesehatan RI menetapkan standar dimana masker medis 3 lapis dapat digunakan untuk menangkal virus dan penggunaan masker pun juga harus sering diganti sehingga teman-teman jangan lupa untuk membawa masker cadangan jika masker yang sebelumnya dipakai kotor. Dilihat dari cara penggunaannya, teman-teman harus memperhatikan kalau masker yang dipakai bisa menutupi hidung, mulut sampai dagu.

5. Mencuci tangan dengan bersih dan benar

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Pihak sekolah diwajibkan untuk menyediakan fasilitas mencuci tangan yang lengkap seperti air bersih dan sabun. Selain mencuci tangan, teman-teman juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk lebih praktis nya. Hand sanitizer yang digunakan minimal harus mengandung 70% alkohol sehingga dapat membunuh virus dan kuman. Oh iya, penggunaan hand sanitizer jangan dilakukan secara berlebihan ya teman-teman karena dapat membuat tangan menjadi kering. Jika ada tempat untuk mencuci tangan, lebih baik kita mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun daripada menggunakan hand sanitizer.

6. Menerapkan social distancing

Article - Tips Persiapan Sekolah Tatap Muka

Menjaga jarak dengan orang lain merupakan hal yang bisa teman-teman lakukan untuk meminimalisir angka penyebaran virus covid-19.  Misalnya saat di sekolah, dengan menerapkan social distancing minimal 1,5 meter dengan guru dan teman-teman.

Nah, itu tadi beberapa tips persiapan masuk sekolah offline di masa pandemi yang bisa teman-teman terapkan. Jangan lupa belajar dengan download aplikasi Geniora SayaBisa untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube dan manfaatkan waktu luang yang ada untuk mempererat hubungan dengan keluarga dan yang terpenting tetap mematuhi protokol kesehatan, rajin menjaga kebersihan diri, dan jangan lupa berdoa ya. 

Baca juga