Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) sudah diberlakukan di beberapa sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya guru dan orang tua murid sudah melakukan vaksinasi, pihak sekolah menyediakan fasilitas pendukung seperti menyediakan hand sanitizer di  beberapa lokasi, penggunaan face shield dan masker dalam proses belajar mengajar, menyediakan tempat untuk mencuci tangan dilengkapi dengan air bersih, sabun dan tissue, pengecekan suhu, menerapkan social distancing, dan sebagainya.

Di awal bulan Juli, Kemendikbud berencana akan memulai proses pembelajaran tatap muka/offline. Tetapi dikarenakan kasus covid-19 yang semakin meningkat menyebabkan rencana awal dari Kemendikbud harus ditunda. Sehingga proses belajar mengajar saat ini tetap dilakukan secara online/di rumah saja. Berikut beberapa tips persiapan masuk sekolah online diantaranya:

1. Memastikan semua peralatan yang dibutuhkan siap untuk digunakan

Memastikan semua peralatan yang dibutuhkan siap untuk digunakan

Sumber : pexels.com/AugustdeRichelieu

Di masa pandemi, banyak aturan pembatasan dari pemerintah sehingga proses belajar mengajar mengalami perubahan dari yang awalnya sekolah offline/tatap muka sekarang beralih menjadi sekolah online/di rumah saja. Dengan diterapkannya sekolah online, ada beberapa peralatan belajar yang harus teman-teman persiapkan diantaranya laptop yang akan digunakan dalam keadaan full battery, charger, buku, alat tulis, dan sebagainya. Masalah yang paling sering muncul saat pembelajaran online yaitu masalah teknis seperti koneksi internet yang tidak stabil. Sehingga pengecekan koneksi internet juga sangat penting dilakukan sebelum teman-teman memulai kelas online.

2. Memastikan ruangan yang dipakai untuk kelas online nyaman dan kondusif

 Memastikan ruangan yang dipakai untuk kelas online nyaman dan kondusif

Sumber : pexels.com/KaterinaHolmes

Ruang belajar yang nyaman, selain dapat meningkatkan fokus belajar juga dapat meningkatkan mood anak dalam proses belajar. Ruang belajar yang nyaman dan tenang sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar. Selain dapat meningkatkan fokus belajar, ruang belajar yang kondusif juga bisa meminimalisasi anak bosan dalam belajar.

Pengaturan meja, kursi, dan screen untuk anak melakukan kelas online juga harus disesuaikan. Dimana meja dan kursi diatur untuk tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek. Selain itu, ruang belajar juga harus memiliki penerangan yang baik.

3. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari

Membuat jadwal kegiatan sehari-hari

Sumber : pexels.com/AnnaNekrashevich

Dalam belajar mengajar online, teman-teman perlu untuk membuat jadwal kegiatan sehingga waktu yang ada bisa digunakan secara efektif dan efisien. Teman-teman bisa menulis jadwal dan menempelkannya pada note board. Selain digunakan untuk menempelkan jadwal, note board juga bisa digunakan untuk mencatat tugas sehingga tidak ada yang terlewat. Dengan adanya jadwal, kegiatan/aktivitas sehari-hari teman-teman jadi lebih terkontrol. 

4. Menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar

 Menjauhkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar

Sumber : pexels.com/JuliaMCameron

Sebagian besar dari teman-teman pasti banyak terdistract dengan banyak hal saat belajar online. Dan yang mengganggu konsentrasi belajar diantaranya game online, bermain smartphone, dan peralatan elektronik lainnya. Saat proses belajar mengajar online berlangsung, sebaiknya alat yang dapat mengganggu konsentrasi disingkirkan terlebih dahulu sehingga teman-teman bisa berkonsentrasi dalam belajar.

5. Menggunakan aplikasi belajar online

 Menggunakan aplikasi belajar online

Sumber : dokumen pribadi

Di masa pandemi, banyak teman-teman yang tidak bisa mengikuti kursus/les karena meningkatnya kasus covid-19 dan masih diberlakukannya peraturan dari pemerintah mengenai PSBB. Maka dari itu, mendownload aplikasi belajar online bisa menjadi salah satu pilihan untuk orang tua dan teman-teman. Sehingga teman-teman bisa mengulangi materi yang belum dimengerti dengan mudah hanya dengan mendownload pada smartphone.

Aplikasi dari geniora bisa menjadi pilihan untuk orangtua dan teman-teman dalam belajar secara online. Selain bahan yang diajarkan sesuai dengan kurikulum berstandar nasional, pembelajaran di aplikasi Geniora juga menawarkan banyak konten menarik dalam bentuk video animasi, e-book, audio books, artikel, latihan soal, dan quiz. Selain itu, aplikasi Geniora juga mengeluarkan fitur jadwal belajar sebagai persiapan untuk teman-teman masuk sekolah. Sehingga teman-teman juga tidak bosan dalam belajar online. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran terbaru melalui video di YouTube Channel Geniora, dan download aplikasi Geniora Sayabisa di PlayStore.

Itulah tips persiapan masuk sekolah secara online di masa pandemi yang bisa teman-teman terapkan. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, rajin menjaga kebersihan diri, dan jangan lupa berdoa ya.  

 

× Hubungi kami