Cast

×

4 Cara Membantu Anak Belajar Menulis Angka

Aug 5, 2021

Bagikan:

Mengajarkan hal baru pada anak seperti halnya menulis bukanlah hal yang mudah. Butuh ketekunan dan kesabaran ekstra karena fokus, perhatian, dan konsentrasi anak masih mudah terganggu. Dalam hal ini, peran dan kontribusi orang tua sangat diperlukan terutama dalam membantu proses belajar dan perkembangan anak. Kali ini, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membantu anak belajar menulis angka diantaranya: 

1. Poster Angka

Poster Angka

Mengenalkan angka pada anak sejak usia dini bisa dilakukan dengan menggunakan poster. Disini, peran orang tua sangat diperlukan untuk mengajarkan pelafalan anak dan membantu anak dalam mengenali setiap angka dengan baik dan benar sehingga dapat membantu anak agar lebih baik dalam membaca dan menulis kedepannya.

2. Menggunakan video

youtube

Seiring perkembangan zaman, anak tidak bisa dipisahkan dengan teknologi terutama YouTube. Hampir setiap hari anak membuka YouTube dan hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk orang tua mengajak anak belajar melalui video dari YouTube.

3. Menghubungkan titik-titik (Trace the dot)

trace the dot

Trace the dot bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membantu  anak belajar menulis dengan cara menebalkan titik-titik yang sudah berbentuk suatu pola, bisa berupa huruf maupun angka. Trace the dot bukan hal asing bagi kita sehingga banyak dijumpai dan sangat mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun. Orang tua juga bisa dengan mudah menerapkan teknik trace the dot karena mudah untuk dibuat atau bisa langsung klik disini. Mengulangi angka secara berulang juga bisa menjadi salah satu cara dalam membantu anak belajar menulis. Cara ini dinilai sangat efektif selain membantu anak dalam belajar menulis lebih rapi, metode ini juga dapat meningkatkan daya ingat anak. 

4. Menggunakan flash card

flashcard

Flash card bisa digunakan sebagai alat untuk membantu anak dalam belajar mengenal angka. Penggunaan flash card dinilai sangat efektif untuk membantu proses belajar anak karena anak diajak untuk belajar dan bermain. Selain itu, pengemasan flash card sendiri juga menarik untuk anak karena dikemas dengan gambar sehingga anak tidak mudah merasa bosan dalam belajar. Hal ini bisa dilakukan setiap hari sehingga anak secara otomatis dapat menghafal bentuk angka dengan baik.

Baca juga : Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini

Nah, itu tadi cara membantu anak belajar menulis angka. Jangan lupa untuk melihat konten video pembelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa dan jangan lupa download aplikasi Geniora SayaBisa untuk mengakses e-book dan latihan soal.

Baca juga