Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini

oleh | Agu 13, 2021

Bagikan:

Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini

Bagaimana ya cara yang tepat untuk belajar matematika? Pentingkah belajar matematika sejak usia dini? 

Belajar matematika dasar sejak dini sangatlah penting, karena kondisi otak anak pada usia dini sangat cepat menyerap ilmu baru. Selain membantu anak dalam berinteraksi, matematika juga digunakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tapi dalam prosesnya, banyak orang tua yang bingung dan mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai untuk anak, sehingga anak mudah merasa stress, bosan, dan akhirnya malas untuk belajar matematika. Hal tersebut bisa berdampak pada nilai mata pelajaran anak di sekolah untuk di kemudian hari.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam belajar diantaranya:

  • Media pembelajaran yang tidak lengkap dan memadai
  • Metode pembelajaran yang kurang tepat
  • Kurangnya fokus belajar pada anak karena anak mudah bosan

Dari faktor tersebut, apa saja yang harus dilakukan orang tua untuk mengajarkan matematika pada anak? Khususnya untuk anak di usia dini, alangkah lebih baik jika orang tua mengajarkan dengan cara yang menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosan diantaranya:

1. Menggunakan jari

Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini - Menggunakan Jari

Mengajarkan anak berhitung bisa dimulai dari hal simple misalnya menggunakan jari tangan. Orang tua bisa mengajarkan matematika dasar mulai dari mengenal angka, berhitung dari angka kecil dan selanjutnya masuk ke tahap yang lebih rumit. Menurut National Institute of Health, anak yang mulai belajar matematika sambil berhitung dengan jari cenderung memiliki nilai matematika lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak terbiasa berhitung dengan jari.

Baca juga : 4 Cara Membantu Anak Belajar Menulis Angka

2. Menggunakan mainan yang edukatif

Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini - Menggunakan Mainan yang Edukatif

Bermain dan belajar bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk belajar matematika, misalnya dengan berpura-pura menjadi penjual dan pembeli, akan meningkatkan kemampuan berhitung dan cara berpikir anak. 

Selain itu, penggunaan puzzle seperti memasukkan kubus, persegi, silinder ke lubang yang sesuai juga akan dapat meningkatkan keterampilan anak dalam berpikir dan menyelesaikannya dalam waktu singkat sehingga anak tidak  merasa bosan. Pada saat anak memasukkan kubus, persegi ke dalam lubang yang sesuai, secara otomatis dapat melatih anak dalam memahami, menggolongkan, dan mengelompokkan suatu benda.

3. Video pembelajaran

Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini - Video Pembelajaran

Kepekaan anak terhadap angka bisa dimulai sejak dini, misalnya dengan menggunakan video pembelajaran dari Youtube Channel Geniora SayaBisa tentang ”mengenal angka 1-10”“mengenal bilangan bulat” sehingga dapat membantu anak dalam belajar dan bermanfaat dalam mempermudah pemahaman serta anak akan lebih fokus dalam belajar.

Nah, itu tadi tips yang bisa dilakukan orang tua dalam mengajarkan matematika pada anak. Jangan lupa tonton video pembelajaran dari Geniora SayaBisa di YouTube dan download aplikasi Geniora SayaBisa di PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal ya!

 

Baca juga