Sejarah Singkat dan Makna Hari Pahlawan 10 November

oleh | Nov 5, 2021

Bagikan:

Thumbnail - Article - Sejarah dan Makna Hari Pahlawan 10 November

Kamu tau nggak, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari apa?

Setiap tanggal 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan atau dikenal juga dengan Pertempuran Surabaya. Hari pahlawan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan bangsa dan tanah air. Pertempuran ini merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Republik Indonesia yang terjadi setelah Indonesia merdeka. Pada 16 Desember 1959, Ir. Soekarno menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959. Kali ini, Pipo akan membahas tentang sejarah singkat dan makna hari pahlawan bagi generasi muda. Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini! 

Sejarah Hari Pahlawan

Siapa nih yang tau sejarah hari pahlawan? Kira-kira apa saja yang terjadi pada masa itu? 

Pada 17 Agustus 1945, setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, pemerintah mengeluarkan pengumuman yang menetapkan mulai tanggal 1 September 1945 bendera Merah Putih dikibarkan di seluruh Indonesia, salah satunya di kota Surabaya. Meskipun Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaan, banyak kekosongan kekuatan terjadi baik dari dalam maupun luar Indonesia, sehingga hal ini dimanfaatkan oleh berbagai pihak. 

Insiden Perobekan Bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya

Kamu sudah pada tau belum kalau pada 19 September 1965 terjadi insiden perobekan bendera Belanda di Surabaya?

Peristiwa ini dipicu oleh gagalnya perundingan antara Sudirman (Indonesia) dan W.V.C. Ploegman (Belanda), dimana pihak Belanda mengibarkan benderanya (merah, putih, biru) setelah Indonesia merdeka. Hal ini membuat masyarakat Indonesia marah karena mereka menganggap Belanda menghina kemerdekaan Indonesia dan melecehkan pengibaran bendera Merah Putih, sehingga mereka menghabisi pasukan sekutu agar bagian biru dari bendera Belanda bisa dirobek. Dari peristiwa ini, Ploegman yang merupakan pemimpin pasukan Belanda tewas karena dicekik oleh Sidik, yang kemudian juga tewas di tangan tentara Belanda.

Tewasnya Brigadir Jenderal A.W.S. Mallaby

Siapa sih Aubertin Walter Sothern Mallaby? 

Aubertin Walter Sothern Mallaby atau sering dikenal dengan Brigadir Jenderal Mallaby merupakan brigadir yang memiliki ± 6.000 pasukan yang merupakan bagian dari AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) yang tewas dalam peristiwa 30 Oktober di Surabaya. 

Tewasnya A.W.S. Mallaby memicu keluarnya ultimatum 10 November oleh pihak Inggris yang meminta masyarakat Indonesia untuk menyerahkan semua senjata. Akan tetapi, ultimatum tersebut tidak dihiraukan melainkan masyarakat Indonesia memutuskan untuk melawan sekutu, sehingga terjadilah Pertempuran Surabaya. 

Kamu tahu nggak apa penyebab tewasnya A.W.S. Mallaby?

Menurut beberapa sumber, A.W.S. Mallaby tewas saat baku tembak melawan masyarakat Indonesia di Surabaya, sebagian menyebutkan bahwa Ia tewas karena terkena granat dari anak buahnya. 

Berapa banyak korban yang tewas dalam pertempuran ini?

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Republik Indonesia yang berlangsung hingga 28 November 1945. Korban dari tentara dan masyarakat Indonesia mencapai 20.000 orang, sedangkan korban dari sekutu mencapai 1.500 orang. Dari pertempuran ini, kita bisa melihat perjuangan masyarakat Indonesia dalam membela bangsa dan negara ini, kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Makna Hari Pahlawan bagi Generasi Muda

Setelah kita membahas tentang sejarah singkat Hari Pahlawan, kali ini Pipo mau ngajak kamu untuk melihat makna Hari Pahlawan bagi kita generasi muda. Apa aja sih yang kamu lakukan buat memperingati Hari Pahlawan?

Hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November, sebagai generasi muda penerus bangsa, kita perlu untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Walaupun kita tidak ikut serta dalam pertempuran pada waktu itu, tapi kita perlu melanjutkan perjuangan para pahlawan sesuai dengan perkembangan zaman. Dari perjuangan para pahlawan, kita tidak hanya belajar tentang sejarah dan tokoh penting yang memperjuangkan bangsa Indonesia, tetapi lebih jauh lagi, kita bisa belajar melalui keteladanan yang ada, seperti kejujuran, pantang menyerah, dan melakukan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia yang dapat kita refleksikan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai murid, kita bisa memulai dari hal-hal kecil, seperti rajin belajar, menolong teman yang kesusahan, dan menerapkan kedisiplinan dengan masuk sekolah tepat waktu dan mengerjakan PR. Gimana? Nilai apa saja yang sudah kalian terapkan di kehidupan sehari-hari? 

Baca juga : Nilai Juang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Nah, itu tadi sejarah singkat dan makna hari pahlawan 10 November bagi generasi muda. Yuk, kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Jangan lupa belajar dengan download aplikasi SayaBisa di Google PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube Channel Geniora SayaBisa.

Baca juga