Sejarah Singkat dan Isi Teks Proklamasi

oleh | Agu 16, 2021

Bagikan:

Thumbnail Proklamasi Kemerdekaan

Teman-teman tahu nggak? Pada 17 Agustus 2021, Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan yang ke – 76 lho. 

Sejarah Singkat Proklamasi

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diawali dengan peristiwa dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 oleh tentara Amerika. Hal ini menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat pada sekutu, sehingga kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pejuang kemerdekaan untuk memproklamasikan kemerdekan.

Dalam pelaksanaannya, ada perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda. Golongan muda ingin proklamasi kemerdekaan segera dilakukan sedangkan golongan tua tidak ingin terburu-buru dalam proklamasi kemerdekaan karena takut akan terjadi pertumpahan darah. Golongan tua terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, Mohammad Yamin, Iwa Kusuma, dan Dr. Syamsi. Golongan muda yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia diantaranya Sukarni, Wikana, Adam Malik, Chaerul Saleh, Darwis, dan Jusuf Kunto. 

Pada 16 Agustus 1945 terjadi peristiwa Rengasdengklok, dimana Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta diculik oleh para pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok dengan tujuan agar Ir. Soekarno dan Moh Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang dan segera menyatakan kemerdekaan.

Pada 16 Agustus 1945 pukul 23.00 malam, Ir. Soekarno dan rombongannya tiba di Jakarta, sehingga perumusan teks proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh Hatta dan Achmad Soebardjo di kediaman Laksamana Muda Maeda Tadashi. Rumusan teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Selanjutnya, bendera merah putih dijahit oleh istri Soekarno yaitu Fatmawati. 

Tonton juga : Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Isi Teks Proklamasi

Pembacaan teks proklamasi dilakukan pada pukul 10 pagi di rumah Soekarno bertempat di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Teks proklamasi dibuat dalam 2 bentuk yaitu tulisan tangan yang dibuat oleh Ir. Soekarno dan versi ketikan dibuat oleh Sayuti Melik.

Isi teks proklamasi 

 

Isi Teks Proklamasi

Sumber : Kemendikbud

Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno, didampingi oleh Moh Hatta dan disaksikan sejumlah orang. Upacara pembacaan teks proklamasi kemerdekaan berakhir pada pukul 11 pagi dan hal tersebut menjadi titik balik sejarah kemerdekaan Indonesia.

Baca juga : Pancasila dan Lambang Negara Indonesia yang Kaya Makna

Nah, itu tadi sejarah singkat dan isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Teman-teman jangan lupa nonton video pembelajaran dari Geniora SayaBisa di YouTube dan download aplikasi Geniora SayaBisa di PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal ya!

 

Baca juga