Secara umum sistem pencernaan dapat mengalami gangguan karena tiga hal yaitu kelainan alat pencernaan, infeksi kuman, atau konsumsi makanan yang tidak baik. Sistem pencernaan terdiri dari beberapa organ yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Dimana semua organ merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, meskipun fungsi dari setiap organ berbeda-beda tetapi fungsi utama dari sistem pencernaan yaitu sebagai pencerna nutrisi tubuh.

Namun ternyata banyak sekali penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan pada organ tubuh. Mulai dari penyakit ringan seperti diare dan sembelit, hingga penyakit berbahaya seperti kanker. Setiap organ yang ada didalam tubuh harus dijaga dengan baik supaya sistem pencernaan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Adapun beberapa penyakit yang mengancam sistem pencernaan manusia. Untuk menambah pengetahuan teman-teman, di bawah ini Geniora News akan menguraikan apa saja penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan.

Source : https://www.pngdownload.id/png-3klydq/

1. Diare

Diare sering disebut dengan mencret. seseorang yang terserang diare mengalami buang air besar yang encer dan terjadi lebih dari empat kali dalam sehari. Penyakit ini digolongkan penyakit yang ringan, tetapi dapat menjadi sangat bahaya jika tidak mendapat perawatan yang benar. Umumnya diare disebabkan oleh mutu dan kebersihan makanan yang buruk, alergi terhadap makanan, atau terlalu banyak makan makanan yang asam dan pedas.

2. Maag

Maag adalah penyakit yang mengganggu sistem pencernaan lambung, penyakit maag terjadi karena produksi asam klorida yang berlebihan di lambung. Tingginya kadar asam lambung dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu asam atau pedas, kopi, maupun alkohol. Maag juga dapat disebabkan oleh rasa lelah kerja dan rasa tegang yang berlebihan.

3. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kotoran di usus buntu, yaitu di bagian umbai cacing, sehingga menyempit. Peradangan juga dapat disebabkan oleh infeksi kuman pada umbai cacing.

4. Tifus

Tifus adalah suatu penyakit peradangan pada usus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Tifus dapat timbul akibat kebersihan makanan dan minuman yang tidak terjaga dengan baik.

5. Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan dimana kita akan mengeluarkan feses yang keras. Gangguan ini terjadi disebabkan karena usus besar menyerap air terlalu banyak. Sembelit biasanya disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur atau bisa disebabkan karena kebiasaan buruk yang selalu menunda buang air besar.

Source : Alodokter

6. Sariawan

Seperti yang kita ketahui, sariawan merupakan gangguan sistem pencernaan yang biasanya muncul di sekitar mulut.  Ketika mengalami gangguan ini maka ketika kita makan akan merasakan perih di area mulut. Sariawan terjadi karena panas dalam pada rongga lidah atau rongga mulut. Dimana penyebab yang paling mendasar dari penyakit ini yaitu tubuh kekurangan vitamin C.

Source : Alodokter

7. Keracunan

Keracunan biasanya disebabkan karena salah mengkonsumsi makanan. Dimana keracunan biasanya terjadi karena pengaruh bakteri seperti bakteri Salmonella, yang mana akan menyebabkan penyakit tifus dan paratifus. Penyakit paratifus merupakan penyakit yang mirip dengan tifus hanya tingkat keparahannya lebih rendah dan durasinya cenderung lebih pendek.

Source : Alodokter, Sehatq

8. Cacingan

Penyakit cacingan tentunya sudah tidak asing lagi di bagi masyarakat Indonesia, hal ini disebabkan karena hampir 80 % orang Indonesia mengalami penyakit yang satu ini. Cacingan merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa tidak akan mengalaminya.

Source : Alodokter

Lalu bagaimana cara kita menjaga kesehatan organ sistem pencernaan agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas, Geniora news juga akan merangkum beberapa cara agar terhindar dari penyakit sistem pencernaan.

  1. Makan makanan yang bergizi secara bervariasi dan tidak berlebihan.
  2. Melaksanakan pola makan yang teratur, yaitu tiga kali sehari. Pertama pada pagi hari, kedua pada siang hari, dan yang terakhir adalah malam hari.
  3. Makanlah dengan tenang, jangan terlalu cepat menelan makanan, kunyahlah makanan hingga benar-benar lumat.
  4. Menjaga kebersihan makanan dan peralatan makanan. Sebelum makan dan sesudah makan, peralatan harus dicuci dengan sabun.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat dari Geniora News mengenai jenis-jenis penyakit dan bagaimana cara menanggulanginya. Jika teman-teman ingin melihat penjelasannya dalam bentuk video, bisa dicek YoutubChannel Geniora atau bisa klik link dibawah ini ya !


https://www.youtube.com/watch?v=UrcFLxc-5YA&t=123s

Jangan lupa juga download aplikasi Geniora456 di Play Store !

 

× Hubungi kami