×

Pengertian Daur Hidup Hewan beserta Contohnya

by | Jan 19, 2022

Bagikan:

Tahukah kamu, kalau hewan juga mengalami perkembangan dalam hidupnya? Pernahkah kamu mengamati perkembangan hewan yang ada di sekitarmu? Ternyata, tidak hanya manusia saja yang mengalami perkembangan mulai dari kandungan, bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga lansia, melainkan beberapa hewan juga mengalami perkembangan atau sering kita kenal sebagai metamorfosis atau daur hidup hewan. Metamorfosis adalah daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk. Namun, tidak semua hewan mengalami metamorfosis, sebagian besar hewan mengalami ametamorfosis, yaitu daur hidup hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk selama fase pertumbuhannya. Selain itu, ada juga hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, karena hanya melalui 3 fase saja seperti kecoa dan belalang. Lalu, apakah teman-teman tau hewan apa saja yang mengalami daur hidup? Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Hewan Metamorfosis

1. Katak

Katak merupakan hewan amfibi yang berkembang biak dengan bertelur. Fase metamorfosisnya dimulai dari telur, kecebong yang hidup di dalam air, selanjutnya tumbuh menjadi kecebong berkaki, katak muda, hingga menjadi katak dewasa yang kembali bertelur. Nah, saat itulah daur hidup katak dimulai kembali.

2. Kupu-Kupu

Kupu-kupu termasuk hewan yang bermetamorfosis sempurna dengan melewati 4 fase daur hidup, yaitu telur yang menetas menjadi ulat atau larva. Setelah beberapa waktu, ulat berubah menjadi kepompong (pupa) hingga berubah menjadi kupu-kupu. Setelah berubah secara sempurna, kupu-kupu akan keluar dari kepompong dan memulai daur hidup baru.

3. Nyamuk

Daur hidup nyamuk dimulai dari telur, lalu menetas menjadi jentik-jentik yang akan berenang untuk mendapatkan makanan di air, kemudian tumbuh menjadi pupa, selanjutnya berubah menjadi nyamuk. Nyamuk terbang ke udara hingga menjadi nyamuk dewasa dan akan kembali lagi ke air untuk bertelur. Sehingga terjadi daur hidup baru dari telur nyamuk tersebut.

Hewan Ametamorfosis

1. Ayam

Pasti banyak dari kalian sudah tau, kalau ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Selanjutnya, telur ayam dierami selama 21 hari dan akan menetas menjadi anak ayam yang bentuknya sudah menyerupai induk ayam. Ketika dewasa, anak ayam mengalami perubahan bulu seperti induk ayam, kemudian kembali berkembang biak dengan menghasilkan telur → telur menetas → tumbuh dewasa → daur hidup berulang.

2. Kucing 

Kucing berkembang biak dengan cara beranak dan lama masa mengandungnya adalah selama 3 bulan. Pada fase awal, masih berbentuk anak kucing yang lemah, lalu bertumbuh menjadi dewasa. Namun, tubuh kucing hanya bertambah besar tanpa berubah bentuknya.

3. Kanguru 

Kanguru merupakan hewan yang banyak hidup di Benua Australia. Cara kanguru berkembang biak yaitu beranak dengan masa mengandung selama sebulan. Saat lahir, anak kanguru yang sangat kecil dan lemah itu bergerak perlahan ke kantong induknya, setelah sudah cukup besar anak kanguru baru keluar dari kantung induknya.

                                                                                                                            

Baca juga: Belajar Asik Di mana Saja dan Kapan Saja

Nah begitu penjelasan tentang Daur Hidup Hewan yang Perlu Kamu Ketahui. Jangan lupa download dan belajar pakai aplikasi Geniora SayaBisa untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat topik pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube Channel Geniora SayaBisa.

 

Baca juga