Cast

×

Manfaat Dongeng Bagi Perkembangan Si Kecil

Sep 23, 2020

Bagikan:

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi digital yang semakin pesat ini, banyak sekali orang tua yang meninggalkan budaya membaca/mendongeng untuk anak. Karena kini, para orang tua lebih memanfaatkan dan mementingkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka dari pada membacakan dongeng. Padahal dengan membacakan cerita anak dapat menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mendukung tumbuh kembang anak, misalnya memperkaya keterampilan bahasa, meningkatkan ketajaman memori dan sebagainya, hal ini menyebabkan kurangnya wawasan/pengetahuan bagi anak.

Kali ini Geniora News akan merangkum beberapa manfaat membacakan cerita/dongeng bagi perkembangan si kecil.

1. Mengasah ketajaman memori

Dengan melalui cerita, si kecil akan berlatih mengingat seperti karakter, tempat, alur cerita, angka, huruf, bentuk, warna dan lain sebagainya.

2. Memperkaya bahasa

Dengan mendengarkan cerita, si kecil akan banyak belajar mengenai kosa kata, kalimat, frasa, atau bahkan bahasa asing. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan komunikasinya dengan orang lain.

3. Menstimulasi daya imajinasi

Cerita yang kita sampaikan akan membantu si kecil untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya. Karena didalam cerita anak terdapat banyak mengandung unsur imajinatif. Seperti yang diceritakan dalam buku produksi milik Geniora yaitu Pino dan Tujuh Buah Apel, disana si kecil akan diajak untuk meningkatkan daya imajinasi mereka dan tidak hanya itu tetapi si kecil juga akan diajak untuk berlatih berhitung.

4. Membuka wawasan baru

Cerita yang kita sampaikan, akan membuka pengetahuan si kecil mengenai berbagai macam budaya, perbedaan karakter, memberikan informasi mengenai dunia luar dan lain sebagainya. Dengan begitu si kecil akan menjadi sosok yang memiliki pikiran terbuka.

5. Mengajarkan tentang sosial dan emosional

Melalui cerita, kita bisa mencontohkan kepada si kecil bagaimana bersikap ketika menghadapi masalah dan bagaimana ia harus berperilaku kepada orang lain.

Source : https://www.pngdownload.id/png-jwacsi/

Itulah 5 manfaat membacakan dongeng bagi perkembangan si kecil yang tidak hanya dapat meningkatkan kecerdasan dalam berbahasa tetapi juga kecerdasan lainnya seperti meningkatkan keterampilan problem solving, memperkenalkan nilai-nilai moral serta kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.

Salah satu tips membacakan dongeng yang menarik perhatian si kecil adalah dengan menampilkan cerita bergambar dan alur yang menarik, nah buku-buku tersebut kini telah diproduksi oleh Geniora dan terdapat 3 buku yang diproduksi dan sudah dipasarkan yaitu Pino dan Tujuh Buah Apel, Pesta di Rumah Bonbon dan Kejutan untuk Quini. Jadi untuk ayah dan bunda yang tertarik untuk membeli buku Geniora Junior bisa melakukan preorder di online shop Tokopedia Geniora Official atau bisa klik link https://www.tokopedia.com/geniora?source=universe&st=product. Tidak hanya buku tetapi Geniora Junior juga membuat video animasi mengenai ketiga buku di atas yang terdapat di channel Youtube Geniora.

 

Baca juga