Cast

×

Fungsi Gigi dan Lidah dalam Mencerna Makanan

Feb 2, 2023

Bagikan:

Pada artikel sebelumnya, kita sudah bahas mengenai proses pencernaan makanan pada tubuh manusia. Kali ini, kita mau bahas lebih jauh mengenai gigi dan lidah. Kira-kira apa aja fungsi gigi dan lidah kita dalam mencerna makanan? Langsung simak artikel di bawah ya!

Mulut

Mulut merupakan tempat masuknya makanan pertama kali ke dalam tubuh. Di dalam mulut, ada 2 proses pencernaan makanan, yaitu pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi. Kalian tau nggak apa perbedaan pencernaan mekanik dan kimiawi? Pencernaan mekanik bertujuan untuk memotong makanan menjadi ukuran lebih kecil, sehingga mudah dicerna oleh sistem organ. Pencernaan ini dilakukan dengan menggunakan gigi. Sedangkan, pencernaan kimiawi bertujuan untuk mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran lebih kecil dengan bantuan enzim pencernaan. Setelah dari mulut, makanan yang kita makan menuju kerongkongan.

Gigi

Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan menjadi bentuk yang lebih halus dan tidak berbahaya bagi tubuh. Ada 3 jenis gigi manusia, yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri berbentuk seperti pahat dan berfungsi untuk memotong dan menggigit makanan. Gigi taring berbentuk runcing dan berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi geraham berbentuk besar dan berfungsi untuk menggilas makanan.

Lidah

Lidah terletak di dasar rongga mulut dan berfungsi untuk mengatur letak makanan pada saat mengunyah, membantu menelan makanan, dan mengecap berbagai rasa makanan, seperti rasa manis, pahit, asam, dan asin. 

Baca juga : proses pencernaan makanan pada tubuh manusia

Nah, itu tadi fungsi gigi dan lidah dalam mencerna makanan. Sobat SaBi juga bisa melihat video pelajaran lainnya di YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi SayaBisa untuk mengakses e-book, latihan soal, dan fitur seru lainnya ya! 

Baca juga