Cast

×

Cita-cita Anak Sekolah Zaman Sekarang

Sep 30, 2021

Bagikan:

Saat masih kecil, kita pasti sering mendapat pertanyaan, “Nanti kalau udah gede mau jadi apa?”. “Dokter, guru, pilot, astronot” merupakan jawaban paling populer yang sering kita dengar, terutama untuk anak kelahiran tahun 80 dan 90-an. Tetapi seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat, cita-cita anak semakin lama juga semakin berubah. Bila zaman dulu banyak anak bercita-cita ingin menjadi dokter, arsitek, dan pilot, kira-kira apa saja ya cita-cita anak zaman sekarang?

1. Youtuber

Article - Cita-cita anak zaman sekarang

Di zaman sekarang, siapa yang tidak tahu YouTube? Pasti kita semua sudah tidak asing dengan YouTube, bahkan beberapa orang menjadikan YouTube sebagai pekerjaan utama mereka. Menurut University College London, banyak dari anak-anak SD bercita-cita ingin menjadi seorang Youtuber. Hal ini diperkuat oleh Katherine Chen, Associate Professor di City College of New York bahwa “anak-anak lebih terekspos kepada influencer Youtuber pada zaman sekarang”. 

Profesi Youtuber dianggap memiliki masa depan yang menjanjikan sama seperti pekerja profesional lainnya karena dalam seminggu, seorang Youtuber terkenal bisa mendapat penghasilan mencapai ratusan juta rupiah. Tetapi teman-teman harus ingat ya.. Sebagai seorang Youtuber, selain dapat menghasilkan uang, teman-teman juga bisa memberikan dampak dan menginspirasi orang lain loh dari konten yang teman-teman buat.

2. Selebgram

Article - Cita-cita anak zaman sekarang - Selebgram

Sumber : instagram.com/ericlaire.fujie

Selain YouTube, Instagram juga menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh anak zaman sekarang. Seiring perkembangan teknologi, anak muda terutama generasi millennial banyak menggunakan Instagram untuk menuangkan kreativitas, meraih popularitas, dan menambah penghasilan. Banyak dari anak muda berlomba-lomba untuk membuat konten semenarik mungkin agar bisa menjadi terkenal dan menjadi selebgram atau biasa kita kenal sebagai artis instagram. Biasanya selebgram memiliki jumlah pengikut (followers) yang banyak dan mempromosikan produk dari para online shopper. Tetapi untuk menjadi selebgram terkenal prosesnya tidaklah mudah, dibutuhkan usaha dan kerja keras.

3. Vlogger

Sumber : pexels.com/JuliaMCameron

Video blogger atau biasa dikenal dengan sebutan vlogger tentunya sudah tidak asing lagi buat kita. Seorang vlogger biasanya membuat konten video tentang apa saja yang ingin dibagikan ke banyak orang, seperti daily vlog, travel vlog, beauty vlog, dan masih banyak lagi. Kalian tahu nggak apa beda Youtuber dan vlogger?

Pada dasarnya, Youtuber dan vlogger sama-sama membuat karya dalam bentuk video. Perbedaan Youtuber dan vlogger terletak pada media publikasi atau platform yang digunakan. Seorang Youtuber  biasanya mengunggah videonya ke YouTube, sedangkan vlogger mengunggah video ke website pribadi (blog), Facebook, Instagram, dan sebagainya.

4. Chef

Bagi pecinta kuliner, pasti kalian ga asing dengan sosok Gordon Ramsay. Di awal karirnya, Gordon bekerja di bagian manajemen hotel dan telah bekerja dengan banyak chef terkenal seperti Joël Robuchon, Guy Savoy, dan Pierre Koffmann. Dari pengalaman kerja yang didapat, Gordon tidak hanya belajar mengenai kuliner, tetapi juga strategi bisnis kuliner yang dijalankan. Di era millennium, pekerjaan sebagai chef atau baker semakin banyak diminati oleh anak-anak baik perempuan maupun laki-laki. Hal tersebut bisa dilihat dengan semakin banyaknya kafe, restoran, dan toko roti di sekitar kita.

5. Atlet Profesional

Article - Cita cita anak zaman sekarang

Di zaman dulu, olahraga masih belum terlalu dipandang dan hanya dianggap sebagai hobi saja. Tetapi di zaman sekarang, banyak atlet Indonesia yang berprestasi di mancanegara mulai dipandang dan mendapat apresiasi dari pemerintah. Hal tersebut membuka banyak peluang untuk generasi muda bercita-cita menjadi atlet karena selain mencetak prestasi, teman-teman juga membawa harum nama bangsa.

Baca juga : 4 Tips untuk Meraih Cita-Cita Kamu!

Nah, itu tadi beberapa cita-cita anak zaman sekarang. Kira-kira apa nih cita-cita kalian? Atau kamu punya cita-cita sendiri selain yang disebutkan di atas? Untuk mencapai cita-cita, teman-teman jangan malas belajar ya dan yang terpenting mulailah segala sesuatu dengan berdoa. Oh iya, ada aplikasi menarik nih dari Geniora SayaBisa yang bisa menemani teman-teman belajar dilengkapi dengan e-book dan latihan soal juga lho. Selain itu, teman-teman juga bisa melihat konten video pembelajaran di YouTube Channel Geniora SayaBisa.

Baca juga