8 Perjuangan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia

oleh | Nov 9, 2021

Bagikan:

Article - Thumbnail - 8 Perjuangan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia

Setiap tanggal 10 November, kita memperingati Hari Pahlawan Nasional. Kamu tau nggak apa itu pahlawan nasional?

Pahlawan nasional merupakan gelar atau penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada para pejuang yang berjasa dalam mempertahankan bangsa dan negara dari penjajah. Menurut kamu, siapa saja tokoh pahlawan nasional Indonesia? Berikut, Pipo akan menjelaskan  beberapa tokoh pahlawan nasional Indonesia dan sejarah perjuangannya dalam mempertahankan bangsa Indonesia. Yuk, kita simak bersama!

1. Ir. Soekarno

 

 

 

 

 

 

Pasti kalian sudah nggak asing lagi dengan nama Ir. Soekarno. Soekarno atau sering kita kenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia merupakan presiden pertama Indonesia. Ia menjabat sebagai presiden Indonesia selama 22 tahun (1945-1967). Soekarno berperan penting dalam Kemerdekaan Indonesia, dengan mencetuskan Pancasila sebagai “dasar negara Republik Indonesia” dan berhasil memimpin bangsa Indonesia keluar dari penjajahan Belanda.

2. Mohammad Hatta

 

 

 

 

 

 

Mohammad Hatta atau sering disapa Bung Hatta adalah seorang pahlawan nasional yang berperan besar dalam proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ia menjabat sebagai wakil presiden Indonesia dan mendapat gelar sebagai Pahlawan Proklamator dan Bapak Koperasi. Bung Hatta juga dikenal sebagai aktivis dan organisatoris saat bersekolah di Belanda.

3. Ki Hajar Dewantara

 

 

 

 

 

 

Siapa sih yang ga kenal dengan tokoh satu ini. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat merupakan seorang aktivis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Ia mendirikan Perguruan Taman Siswa untuk masyarakat Indonesia agar dapat menempuh pendidikan yang layak.

Kalian tau nggak tanggal 2 Mei diperingati sebagai hari apa? Setiap tanggal 2 Mei, masyarakat Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara, seperti ditetapkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No.316 tahun 1959.

4. Jenderal Soedirman

 

 

 

 

Soedirman atau biasa kita kenal sebagai Jenderal Soedirman merupakan Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia. Selain itu, Ia juga dikenal sebagai pahlawan nasional yang berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1944, Ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air atau PETA dan menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas.

5. Pangeran Diponegoro

 

 

 

 

 

 

Apa aja ya peran Pangeran Diponegoro di zaman penjajahan?

Pangeran Diponegoro berperan penting dalam memimpin Perang Jawa, yang merupakan perang terbesar dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda. Perang ini terjadi selama lima tahun (1825-1830). Walaupun hasil akhir dari Perang Jawa dimenangkan pihak Belanda, Pangeran Diponegoro sempat membuat Belanda mengalami kerugian besar karena ribuan serdadu Belanda gugur dalam peristiwa ini.

6. Raden Ajeng Kartini

 

 

 

 

 

 

Nama Raden Ajeng Kartini pasti sudah sering kalian dengar. Ia merupakan pelopor dari gerakan emansipasi wanita yang memperjuangkan kesetaraan derajat antara laki-laki dan perempuan. Hal ini dimulai ketika Kartini melihat banyaknya diskriminasi yang terjadi antara laki-laki dan perempuan, dimana beberapa perempuan tidak mendapatkan pendidikan yang layak dan kebebasan dalam berpendapat. Pada tahun 1912, Ia membangun sekolah khusus untuk perempuan bernama Sekolah Kartini yang terletak di Semarang. 

7. Dewi Sartika

 

 

 

 

 

 

Raden Dewi Sartika merupakan tokoh perintis pendidikan bagi kaum wanita yang berasal dari Cicalengka, Bandung. Pada 16 Januari 1904, Ia mendirikan sekolah bagi kaum wanita bernama Sekolah Isteri, terletak di Pendopo, Bandung. Jika pahlawan lain berjuang bagi bangsa melalui perang, lain halnya dengan Dewi Sartika yang memilih perjuangan melalui pendidikan, dengan cara mendirikan sekolah, sehingga masyarakat Indonesia menjadi lebih maju. 

8. Imam Bonjol

 

 

 

 

 

 

Muhammad Shahab atau sering kita kenal sebagai Tuanku Imam Bonjol merupakan seorang ulama dan pemimpin masyarakat yang berperan penting dalam melawan penjajah dalam Perang Padri, Sumatera Barat. Awalnya, perang tersebut terjadi karena perselisihan agama dan berakhir menjadi peperangan melawan penjajah. Hingga pada 6 November 1973, Tuanku Imam Bonjol diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Baca juga : Tokoh penting sumpah pemuda dan perannya

Nah, itu tadi 8 perjuangan tokoh pahlawan nasional Indonesia. Yuk, kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Jangan lupa belajar dengan download aplikasi SayaBisa di Google Play Store untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube Channel Geniora SayaBisa.

Baca juga