Cast

×

Wisata Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Coba

Nov 16, 2022

Bagikan:

Sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya, kota Solo atau sering dikenal sebagai Surakarta juga kerap dijadikan tempat destinasi liburan buat para wisatawan, baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Kalau denger kota Solo, apa hal yang pertama kali muncul di pikiranmu? Kota asal Presiden Joko Widodo, peninggalan sejarah, seni batik, atau kuliner? Kali ini, kita mau bahas lebih dalam lagi mengenai 5 wisata kuliner khas Solo yang wajib kamu coba dan bikin kamu rela antre. Kira-kira ada apa aja ya?  Check this out!

1. Timlo

Siapa yang udah pernah nyobain timlo Solo? 

Buat Sobat SaBi yang belum tau dan belum pernah nyobain, sini dehh kita jelasin. Timlo adalah makanan khas Solo yang terbuat dari kuah kaldu bening, biasanya disajikan dengan daging ayam, sosis solo, telur pindang, hati, dan ampela. Ohh iya, Sobat SaBi juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis, kecap manis, dan sambal sesuai selera ya.

2. Serabi Notosuman

Abis makan yang asin-asin, enaknya cari makanan yang manis, yuk! Sobat SaBi pada tau nggak, ada salah satu wisata kuliner khas Solo yang terkenal banget dan sudah ada sejak tahun 1923, rasanya manis, ada rasa original, coklat, dan biasanya dimasak dengan menggunakan tungku kecil. Apakah ituuu?

SERABI, terbuat dari adonan tepung beras dan santan, memiliki tekstur lembut dan pinggiran yang renyah. Makanan ini sering dibawa dan dijadikan oleh-oleh buat orang terdekat, tapi jangan lupa kalau makanan ini cuma bertahan sebentar aja karena terbuat dari santan. 

3. Nasi liwet

Makanan khas Solo yang satu ini wajib banget buat kamu coba! NASI LIWET!

Nasi liwet memiliki cita rasa yang mirip dengan nasi uduk, dimana nasinya memiliki aroma yang gurih jika dibandingkan dengan nasi putih pada umumnya. Nasi liwet biasa disajikan dengan irisan ayam, sayur labu, telur rebus, areh (gumpalan santan), dan sambal. Ga cuma itu, kamu juga bisa menambahkan lauk lainnya, seperti ampela, telur puyuh, dan masih banyak lagi.

4. Cabuk rambak

Cabuk rambak banyak dijadikan cemilan oleh masyarakat setempat dan biasa dimakan saat pagi, siang, ataupun malam hari. Cabuk rambak terdiri dari irisan ketupat, sambal wijen, karak, dan biasanya disajikan dengan menggunakan tempat yang terbuat dari daun pisang, atau sering disebut dengan pincuk.

5. Susu Shi Jack

Apa yang membuat susu shi jack terkenal dan banyak dicari orang? Selain ada atraksi dalam menyajikan setiap minuman, ternyata susu yang digunakan terbuat dari susu murni yang langsung didatangkan dari Boyolali setiap hari. Ada beberapa varian rasa yang disajikan, seperti jahe, sirup, coklat, green tea, melon, dan masih banyak lagi. Unik banget kann! Ga hanya susu, disini mereka juga menjual berbagai makanan ringan, seperti gorengan, roti bakar, sate, nasi bungkus, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Tempat wisata dan kuliner khas Pekalongan

Nah, itu tadi beberapa wisata kuliner khas Solo yang wajib buat kamu coba. Jadi, apa makanan favoritmu? Buat Sobat SaBi Solo dan seluruh Indonesia, tetap semangat belajar ya! Pakai aplikasi SayaBisa, belajar asik di mana saja dan kapan saja! Mau di luar kota, di luar rumah, di mana saja tetep bisa belajar pakai SayaBisa. Download aplikasinya sekarang!

Baca juga