Cast

×

Fakta Menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang Wajib Kamu Ketahui

Nov 14, 2022

Bagikan:

Sebentar lagi Piala Dunia 2022 dimulai, nih! Siapa yang udah ga sabar buat nonton Piala Dunia? Ada berapa negara ya yang bakal berpartisipasi di turnamen ini? 

Piala Dunia 2022 di Qatar

Pertama kalinya dalam sejarah, Piala Dunia akan diadakan di Qatar, Timur Tengah. Kompetisi ini akan berlangsung mulai 20 November 2022 – 18 Desember 2022,  dan sebanyak 32 negara akan ikut bergabung memeriahkan turnamen ini. Tapi, apa yang membuat Piala Dunia 2022 Qatar lebih menarik daripada Piala Dunia sebelumnya ya? Berikut, kita akan bahas fakta menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

1. Piala dunia termahal

Berapa ya jumlah uang yang dikeluarkan negara tuan rumah untuk mempersiapkan Piala Dunia 2022? Menurut perkiraan, biaya infrastruktur yang dikeluarkan negara tuan rumah mencapai 200 miliar dollar Amerika, meliputi pembangunan stadion, hotel, jalan raya, dan masih banyak lagi. 

2. Negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia

Biasanya, sepak bola banyak didominasi oleh negara-negara Eropa karena infrastruktur yang ada dinilai memadai dan bisa digunakan untuk turnamen besar. Pada tahun ini, Qatar berkesempatan untuk menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan menjadi negara kedua di Asia setelah Jepang dan Korea menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2002.

3. Tuan rumah pertama yang belum pernah tampil di Piala Dunia 

Pada tahun 1963, Qatar menunjukkan minatnya akan sepak bola dan mulai mendirikan asosiasi sepak bola, serta menjadi anggota FIFA. Tapi, Qatar belum lolos untuk melaju ke babak selanjutnya di Piala Dunia. 

Pada tahun ini, Qatar akan menjadi tuan rumah , sehingga secara otomatis akan lolos tanpa melalui babak kualifikasi.

4. Jumlah stadion paling sedikit

Pada turnamen Piala Dunia 2022, Qatar menyiapkan delapan stadion, dimana stadion tersebut akan digunakan  mulai dari babak penyisihan grup sampai final. Dari delapan stadion tersebut, satu stadion dirombak secara total dan tujuh lainnya dibangun dari awal. Jumlah ini merupakan jumlah stadion tersedikit selama turnamen Piala Dunia berlangsung.

5. Piala dunia paling singkat

Piala Dunia 2022 akan berlangsung mulai 20 November 2022 – 18 Desember 2022 atau sekitar 28 hari saja dan selama kompetisi ini berlangsung, secara keseluruhan hanya ada 64 pertandingan.

6. Negara terkecil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia

Qatar merupakan negara yang relatif kecil, jauh lebih kecil dibanding tuan rumah Piala Dunia tahun 2018, Rusia! Secara geografis dan populasi, Qatar memiliki luas 11.000 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 2,6 juta jiwa.

Baca juga : Cara menjaga organ pernapasan agar cepat sehat

Nah, itu tadi 6 fakta menarik Piala Dunia 2022 Qatar yang wajib kamu ketahui. Siapa yang udah gak sabar nonton group idola nya? Boleh nonton, kok asal jangan lupa juga buat belajar ya! Belajar makin asyik dan menyenangkan bersama SayaBisa! Download aplikasinya sekarang! Jangan sampai kelewatan yaa!

Baca juga