Cast

×

Tempat Wisata dan Kuliner Khas Pekalongan

Oct 17, 2022

Bagikan:

Makanan Indonesia dikenal sangat beranekaragam dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas sendiri. Kali ini, kita mau bahas lebih spesifik lagi, nih. Clue nya, kota ini banyak dijuluki sebagai kota batik. Ada yang tau nggak itu kota apaaa?

PEKALONGANNN!

Tempat Wisata di Pekalongan

Pasti banyak Sobat SaBi bertanya-tanya. Di Pekalongan ada tempat wisata apa aja yaa yang bisa dikunjungi? 

1. Black Canyon Petungkriyono

black canyon

Buat kamu para pecinta alam, Pekalongan punya destinasi wisata terkenal yang bisa kalian kunjungi, nih. Kalo di Amerika ada Grand Canyon, di Pekalongan ada BLACK CANYON!

Oh iyaaa.. Pemandangan di Black Canyon nggak kalah bagus, lho sama pemandangan di luar negeri. Ditambah lagi, kamu bisa menikmati keindahan alam dan udara sejuk di sepanjang jalan. Selain itu, kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik seperti camping, outbond, berburu kuliner, dan masih banyak lagi. Tiket masuk ke Black Canyon juga murah, cuma Rp5.000,00/orang. Jadi, ga cuma seru, tapi juga cocok buat liburan bareng temen dan keluarga.

2. Museum Batik Pekalongan

Ga cuma terkenal akan keindahan alamnya, Pekalongan juga kaya akan hasil budaya, salah satunya Museum Batik. Museum ini tidak hanya menyimpan koleksi batik Nusantara dan mancanegara, tapi juga sebagai tempat belajar untuk masyarakat umum yang ingin mempelajari cara pembuatan batik dan melakukan penelitian tentang batik. 

3. Pantai Pasir Kencana

Salah satu tempat wisata yang ga boleh buat dilewatkan dari kota Pekalongan yaitu Pantai Pasir Kencana, berlokasi di Wonokerto, Panjang Wetan, Kota Pekalongan, JawaTengah. Di sini, ada banyak hal yang bisa kamu explore, seperti jelajah spot, camping ground, wahana permainan, spot foto, dan masih banyak lagi. 

Kuliner Khas Pekalongan

Tadi, kita sudah sama-sama bahas tempat wisata di Pekalongan, gak seru dong kalo belum bahas tentang kuliner khas Pekalongan. Ada yang tau nggak, apa makanan khas dari Pekalongan? Berikut, 4 makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba : 

1. Tauto

Buat Sobat SaBi yang suka makan sop, kamu harus cobain tauto khas Pekalongan.Tauto adalah sop daging yang disiram kuah kental, berupa saus yang terbuat dari kedelai fermentasi. Tauto biasa disajikan dengan menggunakan daging sapi, ayam, dan kerbau. Gimanaa.. Tertarik buat mencoba?

2. Nasi megono

Nasi megono merupakan makanan khas Pekalongan yang terdiri dari nasi dengan olahan nangka muda yang dikombinasikan dengan sambal kelapa. 

3. Garang asem

Garang asem biasanya berisi irisan tomat, cabe, dan daging sapi atau ayam yang dipadukan dengan kuah asam bening dan segar. Biasanya, masyarakat Pekalongan makan garang asem bersamaan dengan nasi megono. 

4. Pindang tetel

Pindang tetel terbuat dari tetelan daging sapi, dimasak dengan menggunakan kluwek dan bumbu khusus. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan biasa disajikan dengan kerupuk dan sambal.

Baca juga : SayaBisa Beri Edukasi Pembelajaran Digital di Pekalongan

Nah, itu tadi tempat wisata dan kuliner di Pekalongan, Jawa Tengah. Jadi, apa tempat wisata dan kuliner favoritmu? Buat Sobat SaBi Pekalongan dan seluruh Indonesia, tetap semangat belajar yaa! Pakai aplikasi SayaBisa, belajar asik di mana saja dan kapan saja! Mau di luar kota, di luar rumah, di mana saja tetep bisa belajar pakai SayaBisa. Download aplikasinya sekarang!

Baca juga