Cast

×

Olahraga yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Jun 17, 2021

Bagikan:

Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin tinggi sehingga penting bagi teman-teman untuk berolahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik tetapi juga dapat meningkatan kesehatan mental. Olahraga yang dilakukan secara teratur memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat tulang. Selain itu, teman-teman juga perlu memperhatikan asupan gizi dan makanan yang dikonsumsi setiap harinya ya. Teman-teman yang jarang berolahraga bisa melakukan beberapa aktivitas fisik diantaranya:

1. Jogging

Jogging

Sumber : pexels.com/MaryTaylor

Jogging biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari selama 30 menit. Jogging bisa dilakukan di luar rumah dengan berjalan keliling kompleks atau bisa juga dilakukan di dalam rumah dengan menggunakan treadmill. Sebelum jogging, teman-teman bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko cedera dan kram otot.

2. Bersepeda

Bersepeda

Sumber : pexels.com/YanKrukov

Bersepeda merupakan olahraga favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bersepeda memiliki berbagai manfaat diantaranya menjaga kesehatan otot, sendi, dan jantung. Sebelum bersepeda, teman-teman jangan lupa untuk memastikan keamanan dengan mengecek kondisi rem dan ban sepeda sebelum digunakan, menggunakan pelindung untuk kepala, siku, lutut, pastikan teman-teman berkendara di tempat yang aman, dan jangan lupa untuk tetap menaati peraturan yang berlaku.

3. Lompat tali/skipping

Lompat Tali

Sumber : pexels.com/Monstera

Lompat tali/skipping bisa menjadi pilihan teman-teman dalam berolahraga agar tubuh tetap sehat dan fit. Selain itu, lompat tali dapat melatih keseimbangan tubuh dan memperkuat tulang. Dengan melakukan skipping secara rutin, maka akan merangsang pertumbuhan tulang dan tinggi badan. Teman-teman bisa melakukan aktivitas ini di dalam rumah ataupun di luar rumah.

4. Bulu tangkis

Badminton

Sumber : pexels.com/BenMuk

Bulu tangkis merupakan olahraga yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Bulu tangkis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya mengencangkan otot, melatih stamina, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kualitas tidur. Sebelum bermain bulu tangkis, teman-teman bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk meminimalisir risiko cedera dan kram otot.

Itulah beberapa olahraga yang dapat meningkatkan tumbuh kembang anak dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit. Selain berolahraga, jangan lupa untuk membangun pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan gizi setiap harinya dan memperluas pengetahuan dengan nonton video dari YouTube Channel Geniora SayaBisa.

 

Baca juga