Cast

×

Nilai Juang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Aug 18, 2021

Bagikan:

Proklamasi Kemerdekaan RI memiliki makna yang mendalam untuk Bangsa Indonesia dan berbagai cara ditempuh Bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan seperti tercantum dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam mencapai kemerdekaan, ada nilai juang dari para pendahulu bangsa yang bisa teman-teman pelajari diantaranya:

 

1. Persatuan dan kesatuan

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, ras, etnis, agama, dan bahasa. Sebagai generasi muda dan penerus bangsa, teman-teman bisa menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan menjalin hubungan baik antar sesama. Jika nilai persatuan dan kesatuan tidak dipertahankan, maka Negara bisa dengan mudah dihancurkan dan dikuasai bangsa lain.

2. Rela berkorban

Di jaman sekarang, rela berkorban masih sangat diperlukan sehingga kesejahteraan dan tujuan bangsa dapat tercapai. Misalnya dengan membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan, mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, dan sebagainya.

3. Cinta tanah air

Semangat patriotisme para pendahulu dalam melawan penjajah merupakan salah satu contoh sikap cinta tanah air. Sehingga muncul berbagai perlawanan di berbagai daerah di Indonesia dalam melawan penjajah. Contoh sikap cinta tanah air yang bisa teman-teman terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu belajar dengan tekun dan memahami sejarah Bangsa Indonesia, menerapkan nilai-nilai Pancasila, menjaga nama baik Negara, dan sebagainya. 

4. Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan merupakan salah satu hal penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia seperti pada sila ke-2 dari Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Teman-teman bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti membantu orang lain yang membutuhkan dan melakukan kegiatan kemanusiaan. 

5. Musyawarah dan mufakat

Nilai musyawarah dan mufakat merupakan hal penting yang sampai sekarang masih diterapkan oleh Bangsa Indonesia dalam mengambil keputusan misalnya dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Teman-teman bisa menerapkan nilai musyawarah dan mufakat dalam sekolah, misalnya melakukan pembagian tugas piket kelas.

6. Saling menghargai

Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa sehingga sikap saling menghargai sangatlah penting dalam meminimalisir perselisihan dan perpecahan. Sikap saling menghargai yang bisa teman-teman terapkan di kehidupan sehari-hari seperti saling menghargai antar umat beragama, menghargai pendapat, tidak memaksakan kehendak, dan sebagainya.

7. Kerja sama

Teman-teman bisa menerapkan kerja sama dalam kehidupan sehari-hari misalnya membantu orang tua membersihkan rumah, bekerja sama membersihkan kelas, dan sebagainya. 

Baca juga : Sejarah Singkat dan Isi Teks Proklamasi

Nah, itu tadi nilai juang proklamasi kemerdekaan Indonesia. Teman-teman jangan lupa nonton video pembelajaran dari Geniora SayaBisa di YouTube dan download aplikasi Geniora SayaBisa untuk mengakses e-book dan latihan soal ya!

 

 

Baca juga