Salah satu dari 9 kecerdasan majemuk yang dikembangkan oleh Howard Gardner adalah kecerdasan logika-matematika. Menurut May Lwin (2008:43), kecerdasan logika-matematika merupakan kemampuan untuk menangani bilangan, perhitungan, pola, pemikiran logis dan ilmiah. Ada banyak hal yang perlu Bunda siapkan untuk membantu meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak, salah satunya adalah dengan melatih kecerdasan matematika si kecil.

Salah satu ciri jika anak memiliki kecerdasan ini maka ia akan senang dengan rumus dan pola-pola abstrak. tidak hanya pada bilangan matematika, tetapi juga meningkat pada kegiatan yang bersifat analitis dan konseptual. Nah, baik si kecil memiliki kecenderungan kecerdasan matematika atau tidak, kecerdasan ini tetap perlu diasah demi perkembangan anak dan kemajuan belajarnya kelak.

Berikut Geniora News rangkum mengenai 5 ide kegiatan seru yang bisa Bunda terapkan untuk mengasah kecerdasan matematika si kecil.

  1. Gunakan matematika dalam aktivitas sehari-hari

    Kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan menghitung jumlah anggur yang tersisa/jumlah anggur yang dimakan
  2. Bermain game matematika logika

    Dengan bermain menggunakan puzzle, menyusun antrian mobil-mobilan dan membentuk pola barisan merah-hitam, mengelompokkan sebuah benda sesuai warna, angka dan lain lain. Hal tersebut merupakan dasar mempelajari matematika.
  3. Kenalkan konsep/alat pengukuran

    Mengenalkan alat pengukuran bisa dilakukan dengan mengajak si kecil menghitung jumlah cangkir berisi pasir, mengajak si kecil menimbang tepung dengan timbangan kue. Kegiataan yang bisa dikenalkan sejak si kecil masuk SD ini merupakan cara membuat si kecil lebih memahami pengaplikasian matematika dalam kehidupan sehari-hari
  4. Bacakan buku cerita yang berhubungan dengan matematika

    Salah satu contoh buku cerita yang dapat dibacakan untuk melatih kecerdasan matematika si kecil adalah Pino dan 7 buah apel karya Geniora Junior. Melalui buku tersebut, si kecil dapat menghubungkan pengetahuan matematika yang telah diperolehnya dengan pengetahuan lainnya seperti bahasa, kosakata dan lainnya. Bunda dapat menyesuaikan buku-buku yang dikenalkan sesuai tumbuh kembang anak.
  5. Kenalkan konsep hubungan geometri dan ruang

    Dengan konsep ini Bunda bisa mengenalkan bentuk-bentuk geometri kepada si kecil seperti segitiga, segi empat, persegi, lingkaran dan lainnya. Mengenalkan hubungan geometri dan ruang pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai benda di sekelilingnya.

Dari penulisan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mengasah kemampuan matematika si kecil bunda perlu lebih banyak menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan lebih banyak mengenai konsep matematika. Dalam proses perkembangan anak, kecerdasan majemuk matematika sama pentingnya dengan keterampilan membaca, menulis, berbicara atau berbahasa.

Jadi bunda harus memupuk keterampilan dan kecerdasan tersebut dari si kecil usia dini.

 

× Hubungi kami