Tips Agar Anak Gemar Membaca Buku

oleh | Des 4, 2020

Bagikan:

Buku merupakan salah satu jendela ilmu, maka membaca perlu dijadikan salah satu kegiatan wajib untuk dilakukan sejak usia dini. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Dr. Anne E. Cunningham dari University of California Berkeley menyatakan bahwa kegemaran membaca akan berpengaruh pada kecerdasan seseorang. Namun saat ini kegiatan membaca justru dilupakan oleh sebagian anak bahkan orang tua. Menurut data statistik UNESCO pada tahun 2017, negara Indonesia berada di peringkat 60 dengan tingkat literasi (kemampuan membaca dan menulis) rendah dari total 61. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan membaca harus dilakukan sejak usia dini.

Namun apakah orang tua sudah pada tahu, bagaimana tips yang tepat agar anak tumbuh menjadi seorang yang suka membaca? Berikut 5 tips agar anak gemar membaca, dan yang pastinya mudah diaplikasikan kepada si kecil.

1. Mulai dengan buku bergambar dan minim tulisan


Sebagai permulaan, berilah buku yang lebih banyak gambar dan minim tulisan. Pasalnya gambar dan warna selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi semua anak-anak.  Buku semacam ini baik untuk diberikan kepada anak agar mereka lebih terbiasa terhadap sebuah buku. Tema buku yang diberikan pun dapat disesuaikan, bisa jadi buku cerita, atau buku yang berisikan pengenalan angka dan huruf.

2. Membacakan buku dengan beragam intonasi


Pernah menonton film asing, yang mana sang tokoh membacakan dongeng untuk anaknya dengan mengubah intonasi suara yang berbeda di setiap karakter? Coba lah sesekali lakukan hal ini untuk menambah ketertarikan anak saat membaca buku.

3. Berikan buku sebagai hadiah


Selain mainan, sesekali berikan buku sebagai hadiah untuknya. Namun biarkan mereka memilih sendiri buku apa yang mereka sukai. Hal ini akan membuat si anak merasa bahwa buku adalah hal yang istimewa. Dengan tips ini tentu si anak menjadi tidak sabar untuk segera membaca buku tersebut.

4. Hubungkan kisah di dalam buku, dengan realita dalam kehidupan Anda dan anak.


Cobalah untuk menghubungkan kisah didalam buku cerita tersebut, dengan kehidupan realita, misalkan berikan contoh bagaimana anak harus bertindak ketika menghadapi sesuatu, berdasarkan apa yang dilakukan tokoh dalam cerita.

5. Ceritakan kembali pesan moral dalam cerita tersebut


Setelah selesai membacakan cerita tersebut, cobalah untuk menceritakan kembali pesan moral apa yang terdapat dalam cerita tersebut. Misalkan seperti cerita Malin Kundang pesan moral dari cerita tersebut adalah dalam kondisi apapun kita harus hormat dan berbakti pada orangtua, jangan melupakan kebaikan orang tua.

Jika dilakukan secara rutin, tips ini juga akan membuat anak merasakan betapa menariknya proses memilah dan memilih buku yang akan menjadi sasaran berikutnya.

Jadi itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak gemar membaca buku. Bagaimana? Sudah siap memulai langkahnya? Yuk hidupkan membaca buku sejak usia dini! Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube dan jangan lupa download aplikasi Geniora SayaBisa di Google Playstore.

Baca juga