Berkebun menjadi tren yang banyak dilakukan oleh semua kalangan usia, baik dewasa maupun anak-anak. Berkebun sendiri memiliki banyak manfaat bagi lingkungan loh teman-teman, diantaranya meningkatkan kualitas udara menjadi lebih segar, mempercantik rumah, dan mengurangi polusi. Berkebun juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang. Selain mudah untuk dilakukan, berkebun juga tidak memerlukan lahan yang besar. Ada beberapa tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah diantaranya :

1.Tanaman hias

sukulen

 

 

 

 

 

 

Sumber : pexels.com/MadisonInouye

Tanaman hias biasa digunakan untuk mempercantik rumah dan mengisi ruang kosong. Selain itu, tanaman hias juga memiliki banyak manfaat seperti membantu membersihkan udara di dalam rumah sehingga kualitas udara jadi segar, bersih, dan sejuk. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menanam tanaman hias diantaranya media tanam, penempatan, perawatan, pencahayaan, dan sebagainya. Beberapa tanaman hias yang dapat ditanam di dalam rumah di antaranya lidah mertua, bambu rejeki, monstera, dan sukulen.

Lidah mertua bisa diletakkan di dalam rumah karena tanaman ini bisa hidup dengan cahaya yang sedikit. Cara merawat tanaman lidah mertua juga sangat mudah dan memiliki banyak manfaat diantaranya menyaring udara dengan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Tanaman sukulen banyak dicari dan bisa teman-teman jadikan pilihan untuk belajar bercocok tanam. Selain itu, cara perawatan sukulen cukup mudah, dan tidak memerlukan perhatian ekstra. Sukulen merupakan tanaman yang menyimpan cadangan air pada batang sehingga intensitas dalam penyiraman cukup 1-2 minggu sekali.

2.Tanaman Sayur

hidroponik 

 

 

 

 

 

Sumber : pexels.com/JatuphonBuraphon

Menanam tanaman sayur bisa dijadikan ide untuk teman-teman mengisi waktu luang. Dalam menanam, banyak yang harus teman-teman perhatikan seperti cahaya matahari yang cukup karena sayuran membutuhkan banyak cahaya matahari. Selain cahaya matahari, media tanam juga harus diperhatikan ya. Saat ini, media tanam yang paling sering digunakan yaitu tanah. Tapi teman-teman tau nggak? Ada beberapa tanaman juga bisa tumbuh di air atau sering dikenal dengan tanaman hidroponik.

Tanaman hidroponik sangat efektif diterapkan di lahan yang sempit terutama untuk teman-teman yang tinggal di apartemen dan tidak mempunyai halaman luas. Media tanam yang digunakan tanaman hidroponik menggunakan air sehingga tingkat pertumbuhan tanaman hidroponik lebih cepat jika dibandingkan dengan tanaman dengan media tanam menggunakan tanah. Teman-teman bisa mencoba untuk menanam microgreens diantaranya pea shoot, red radish, dan sunflower.

microgreens

Sumber : pexels.com/MikhailNilov

Microgreens merupakan sayuran yang mengandung nutrisi, vitamin, dan kadar mineral yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lain pada umumnya. Teman-teman dapat mengkonsumsi microgreens dan dapat digunakan sebagai garnish, dan campuran salad.

Itulah beberapa tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam rumah. Teman-teman bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk bercocok tanam dan jangan lupa untuk memperluas pengetahuan dengan nonton video dari Geniora SayaBisa.

 

× Hubungi kami