Rendahnya Minat Baca di Indonesia

oleh | Agu 26, 2021

Bagikan:

Teman-teman pasti sudah sering mendengar istilah “membaca adalah jendela dunia”. Dimana dengan membaca, pola berpikir dan cara pandang kita dalam melihat dunia juga semakin luas. Di zaman sekarang, minat baca anak muda di Indonesia semakin merosot. Menurut riset World’s Most Literate Nations Ranked oleh Central Connecticut State University, minat baca di Indonesia menempati urutan ke – 60 dari 61 negara sehingga hal ini berdampak pada mutu pendidikan dan menurunnya kualitas siswa. Berikut penyebab rendahnya minat baca di Indonesia diantaranya:

1. Smartphone dan social media

 

Smartphone dan Social Media

Teman-teman tau nggak? Banyak anak muda, terutama generasi Z tidak bisa lepas dari smartphone dan social media. Dua hal tersebut sudah menjadi hal wajib yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Diantara teman-teman, siapa aja nih yang sering lupa waktu saat bermain smartphone? Apalagi lupa waktu belajar dan malah bermain game online bersama teman, menonton film/drama, YouTube, Instagram, dan social media lainnya. 

 

2. Faktor internal (dari dalam diri sendiri)

 

Faktor Internal

Ternyata faktor internal (dari dalam diri sendiri) berpengaruh pada rendahnya minat baca kita lho. Sehingga perlu adanya motivasi yang kuat dari diri sendiri dan penting untuk menanamkan budaya membaca sejak dini. 

 

3. Lingkungan sekitar

 

Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar sangat berpengaruh pada rendahnya minat baca di Indonesia. Jika teman kita suka menonton drama kebanyakan dari kita juga mengikuti apa yang mereka lakukan karena takut dianggap kurang update. Siapa aja nih yang suka menghabiskan waktu untuk menonton drama bahkan sampai berjam-jam? Drama apa aja nih yang teman-teman tonton akhir-akhir ini? Drama Korea? Drama China? Drama Thailand? Atau ada drama-drama yang lain?

Hati-hati yah, saat menghabiskan waktu untuk menonton film/drama bisa jadi secara tidak langsung ada banyak hal negatif dan tidak mendidik yang bisa mempengaruhi hidup kita seperti penilaian dan pola hidup yang salah. 

Nah, itu tadi penyebab rendahnya minat baca di Indonesia. Padahal jika teman-teman melihat lebih jauh lagi, dengan membaca teman-teman bisa mengetahui banyak hal baru, memperluas pengetahuan, dan memajukan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa cara untuk meningkatkan minat baca diantaranya:

 

Memberikan pemahaman yang benar akan pentingnya membaca

 

Memberikan pemahaman akan pentingnya membaca sejak dini sangat penting. Dimana teman-teman bisa mempelajari banyak hal baru sehingga pengetahuan akan dunia luar juga semakin luas. Selain itu, membaca dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan menganalisa, meningkatkan fokus dan konsentrasi, dan meningkatkan kualitas memori.

Seiring kemajuan teknologi, teman-teman tidak perlu bingung untuk membaca buku secara fisik karena di aplikasi Geniora SayaBisa sudah tersedia dalam bentuk digital (e-book) sehingga teman-teman bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Materi pembelajaran juga dibawakan secara fun dengan karakter animasi dari Geniora dan terdapat video edukasi, kuis, dan materi pelajaran sudah disesuaikan dengan kurikulum berstandar nasional.

Baca juga : Geniora menghadirkan fitur jadwal belajar harian

Nah itu tadi penyebab rendahnya minat baca dan cara meningkatkan minat baca di Indonesia. Teman-teman juga bisa melihat konten video pembelajaran YouTube Channel Geniora SayaBisa. Jangan lupa download aplikasi Geniora SayaBisa di PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal ya.

Baca juga