Ragam Motif Batik Paling Populer di Indonesia

oleh | Okt 14, 2021

Bagikan:

Thumbnail - Ragam Motif Batik Paling Populer

Apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata “Batik”? Pakaian? Aksesoris? Kain? Motif? 

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan dan sudah disetujui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi / Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi.

 Ragam Motif Batik di Indonesia

Pada mulanya, batik hanya berkembang di lingkungan keraton saja, tapi seiring perkembangan zaman, persebaran batik di Indonesia makin luas hingga ke daerah pesisir. Ada sekitar 5.849 motif, dimana setiap daerah di Indonesia mempunyai nama dan ciri khas tersendiri. Motif tersebut terinspirasi dari kehidupan masyarakat di setiap daerah dengan unsur alam yang beragam, seperti motif ikan dan hewan laut menggambarkan aktivitas dan mata pencaharian utama masyarakat di daerah pesisir.

Gimana teman-teman.. Banyak banget kan ragam motif batik bangsa kita?

Kali ini, Pipo akan mengajak teman-teman untuk mengenal 4 motif batik yang paling populer di Indonesia. Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

1. Motif Batik Megamendung

Batik megamendung merupakan salah satu motif batik paling populer dan sudah mendunia yang berasal dari Cirebon. Buktinya, motif ini pernah dijadikan cover buku batik karya Pepin van Roojen (berkebangsaan Belanda) berjudul “Batik Design”, lho.

Motif ini punya ciri khas berupa gambar berbentuk awan dengan komposisi warna dasar merah dan biru yang menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang terbuka, serta nilai filosofi yang sangat luhur dan penuh makna.

2. Motif Batik Tujuh Rupa 

Batik tujuh rupa merupakan motif batik unggulan dari Pekalongan, dimana motif batik ini sangat kental akan nuansa alam seperti tumbuhan dan hewan. Selain itu, batik ini punya ciri khas berwarna cerah dan motif titik serta garis di setiap polanya. 

Kalian tau nggak, kalau motif batik tujuh rupa merupakan perpaduan antara kebudayaan lokal dan China? Hal ini karena Pekalongan terletak di wilayah pesisir utara pulau Jawa, sehingga menjadi tempat transit para pedagang dari berbagai negara. Batik ini punya makna kefasihan dan kelembutan, serta mengadopsi motif tumbuhan pada keramik dari China dan dipadukan dengan motif hewan, seperti burung, kupu-kupu, naga, dan sebagainya. 

3. Motif Batik Parang

Siapa nih yang punya baju dengan motif batik parang? Batik parang merupakan motif batik tertua dan paling populer yang berasal dari Jawa. Ciri khas motif ini yaitu berbentuk diagonal tegas dan menyerupai huruf S dengan nilai filosofi perjuangan yang tidak pernah putus dan pantang menyerah.

4. Motif Batik Kawung 

Batik kawung merupakan motif batik yang punya bentuk berupa bulatan seperti buah kawung (aren / kolang-kaling). Motif ini bermakna kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian. Berkaitan dengan kata “suwung” yang artinya kosong, motif ini memiliki arti kekosongan nafsu dan hasrat duniawi, sehingga ada pengendalian diri yang sempurna, tidak menonjolkan diri dan mengikuti arus kehidupan dunia.

Baca juga : Sejarah singkat, isi, tujuan, dan makna sumpah pemuda bagi Indonesia

Nah, itu tadi beberapa ragam motif batik paling populer di Indonesia. Yuk, kita lestarikan budaya Indonesia dengan mengenal lebih dalam ragam motif batik yang menjadi kebanggaan bangsa kita. Jangan lupa belajar dengan download aplikasi SayaBisa di Google PlayStore untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube Channel Geniora SayaBisa.

Baca juga