Kenapa sih Kita Perlu Makan Makanan Berserat Tinggi?

oleh | Nov 23, 2021

Bagikan:

Kenapa kita perlu mengkonsumsi makanan berserat tinggi? Serat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mencegah sembelit, melancarkan pencernaan dan lain-lain. Yuk kita lihat apa saja sih makanan berserat tinggi yang baik untuk pencernaan kita?

Makanan yang Baik untuk Pencernaan

Makanan yang dikenal baik untuk melancarkan pencernaan yaitu  yoghurt. Yoghurt mengandung banyak vitamin dan probiotik yang baik untuk membantu fungsi sistem pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Tapi, teman-teman jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan ya.. Karena bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Kandungan gula yang ada di dalam yoghurt tidaklah sedikit, sehingga jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan bisa berakibat pada berbagai masalah kesehatan, seperti kelebihan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga : Jenis-Jenis Penyakit Sistem Pencernaan dan Cara Menjaga Organ Pencernaan

Kali ini, Pipo mau bahas lebih lanjut tentang makanan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Kira-kira apa aja ya?

1. Buah-buahan

 

 

 

 

Buah dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin dan serat, sehingga bagus untuk sistem pencernaan. Beberapa buah yang paling sering dikonsumsi karena kaya akan serat yaitu apel, pepaya, pir, buah naga, dan pisang. Menurut kamu, apa saja manfaat serat bagi tubuh kita?

  • Mengatasi sembelit
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mengatur kadar gula dalam darah 
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Detoksifikasi

2. Sayuran hijau

 

 

 

 

Selain buah, sayur merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Hayoo.. Siapa nih yang ga suka makan sayur? 

Kamu sadar nggak, kalau kebiasaan ini kamu bawa bahkan sampai kamu dewasa. Alasannya pun bermacam-macam, ada yang bilang rasanya aneh, pahit, tidak enak, dan lain-lain. Padahal, sayur mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk membantu proses pertumbuhan dan metabolisme. Beberapa sayur yang tinggi akan serat yaitu wortel, bayam, brokoli, kubis, asparagus, buncis, kembang kol, dan lobak. 

3. Kacang dan biji-bijian

 

 

 

 

Makanan berserat tinggi bisa ditemukan tidak hanya dari buah dan sayur, tetapi kacang dan biji-bijian, seperti biji chia, kacang almond, kacang tanah, dan kacang kedelai. Kita pasti sering mendengar kalau makanan berserat tinggi memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan, membantu menjaga kadar gula darah, menurunkan resiko penyakit kronis seperti kanker dan kardiovaskular, dan membantu kita kenyang lebih lama tanpa menambah lemak dalam tubuh karena dapat memperlambat pengosongan lambung.

Berapa banyak serat yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari? 

Menurut American Heart Association, kebutuhan serat harian yang dibutuhkan tubuh kita berkisar antara 25-30 gram. Tapi jangan lupa ya, setiap orang memiliki kebutuhan serat harian yang berbeda, tergantung dari usia dan jenis kelamin. Misalnya, anak berusia 5-11 tahun membutuhkan 20 gram serat per hari, sedangkan anak berusia 11-16 tahun membutuhkan 25 gram serat per hari. Agar kebutuhan serat harian mu terpenuhi, kamu bisa mengganti menu makanmu dengan makanan berserat tinggi( mengganti nasi putih dengan nasi merah).

4. Makanan Olahan

 

 

 

 

Makanan olahan yang terbuat dari gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan kaya akan vitamin dan mineral, seperti oatmeal dan roti gandum. 

Kenapa banyak orang mengkonsumsi oatmeal setiap hari? Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum, sehingga memiliki kadar kalori yang rendah dan tinggi serat. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal dapat mengatur kolesterol dan gula darah dalam tubuh, meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus, dan baik untuk kesehatan terutama organ jantung.

Yuk, cukupi kebutuhan serat harian mu dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang baik untuk pencernaan. Yuk, cukupi kebutuhan serat harian mu dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Jangan lupa belajar dengan download aplikasi SayaBisa di Google Play Store untuk mengakses e-book dan latihan soal. Teman-teman bisa melihat konten pembelajaran Geniora lainnya melalui video di Youtube Channel Geniora SayaBisa.

Baca juga