Seperti yang kita ketahui kalau dunia anak-anak itu adalah dunia bermain. Tetapi ketika mereka memasuki usia sekolah, tentunya mereka akan mendapatkan tugas atau PR (Pekerjaan Rumah), dan itu menjadi salah satu tanggung jawab yang harus mereka selesaikan.

Namun, bagi beberapa anak PR menjadi hal yang sulit untuk diselesaikan dan membuat mereka enggan untuk mengerjakannya. Anak-anak selalu beralasan bahwa PR yang mereka terima tersebut sangat sulit dan menimbulkan rasa malas untuk mengerjakan. Padahal, kita sebagai orang tua bisa loh membantu merekaa agar mau menyelesaikan PRnya. Eits, tapi bukan membantu mengerjakan ya Moms, melainkan merubah cara belajarnya menjadi mudah dan menyenangkan.

Berikut 5 strategi menyenangkan agar anak mau mengerjakan PR yang telah dirangkum oleh Geniora News:

 

  1. Memberikan Penghargaan

    Moms, perlu banget nih memberikan rewards untuk anak ketika mereka mengerjakan PRnya. Dengan begitu, mereka akan berpikir bahwa mengerjakan PR merupakan hal yang menyenangkan. Misalnya, ketika mereka menyelesaikan tugasnya, akan diberikan es krim sebagai hadiah.
  2. Bermain Sambil Belajar

    Dengan menggunakan cara ini akan membuat anak lebih tertarik untuk mengerjakan PR mereka. Moms bisa membuat sebuah permainan dari PR yang diberikan oleh gurunya. Misalnya, mereka diberikan tugas berhitung Moms bisa menggunakan sebuah benda untuk memberikan sebuah penjelasan atau untuk mengerjakan tugas tersebut.
  3. Mengubah Ruang Belajar

    Seperti yang kita ketahui bahwa orang dewasapun kalau bekerja di ruangan yang monoton pastinya akan terasa membosankan. Begitu pula yang dirasakan anak-anak ketika belajar di tempat yang menurutnya kurang nyaman. Moms hanya perlu mengubah ruangan belajarnya menjadi nyaman dan menyenangkan tanpa pengaruh perangkat elektronik.
  4. Libatkan Anak Dalam Membuat Peraturan

    Selalu libatkan anak dalam membuat peraturan, agar mereka tidak merasa tertekan, diatur/dibatasi ruang lingkupnya. Kompromi bersama akan membuatnya nyaman saat belajar. Misalnya, minta mereka pilih waktu yang tepat untuk belajar.
  5. Damping Saat Belajar

    Ketika anak sedang mengerjakan PR Moms perlu mendampingi. Cara agar anak senang mengerjakan PR adalah dengan mendampinginya. Kenapa? Karena dia tidak merasa sendirian, dia tidak merasa orang tuanya sibuk dengan dunianya sendiri, dia justru merasa, tiap kali mengerjakan PR, menjadi waktu yang berharga karena ada orang tua di sampingnya. Meskipun kita sibuk dengan pekerjaan di gadget, jangan sampai kita tidak menjawab pertanyaan dan perkataannya, ya.

Bagaimana nih moms mudah bukan membuat anak mau mengerjakan tugasnya ?

Sekarang Moms tidak perlu marah-marah lagi untuk mengingatkan mereka mengerjakan tugas ya, karena dengan menerapkan strategi diatas pasti anak-anak akan lebih mudah untuk diajak mengerjakan tugasnya.

× Hubungi kami