Apresiasi adalah bentuk ungkapan karena suatu hal baik yang telah dilakukan oleh orang tersebut. Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga butuh diapresiasi atas usaha-usaha yang mereka lakukan, sehingga mereka termotivasi untuk terus melakukan hal baik. Memberikan apresiasi atas usahanya membuat mereka merasa dihargai. Secara tidak langsung, ini dapat meningkatkan semangat untuk mereka melakukan usaha yang lain kedepannya.

Mengapresiasi si Kecil tidak perlu dilakukan dengan cara yang sulit, atau bahkan dengan hadiah yang mahal. Apresiasi yang Anda berikan kepada anak sejak usia dini dapat memberikan pengaruh terhadap cara berpikir dan perkembangan di dalam diri si kecil.

Berikut Geniora News akan memberikan 4 cara sederhana mengapresiasi si Kecil.

  1. Memberikan Pujian Lisan

    Salah satu cara mengapresiasi usaha anak yang tepat adalah berikan mereka pujian secara lisan. Anda hanya perlu mengungkapkan pujian melalui kata-kata sederhana seperti “anak pintar, anak hebat.”
  2. Memajang Karya buatan anak

    Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat baik bagi berkembangnya kreativitas. Untuk itu mengapresiasi kreativitasnya adalah hal yang sangat penting. Misalnya dilakukan dengan cara memajang karya buatan anak sebagai bagian dari dekorasi rumah.
  3. Tunjukkan Kasih Sayang

    Apresiasi anak dengan menunjukkan kasih sayang. Kasih sayang orang tua merupakan bentuk apresiasi benar-benar dibutuhkan oleh anak. Memberikan pelukan, mencium, menemai belajar bahkan memberikan hadiah adalah cara termudah untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada anak.
  4. Habiskan Waktu dengan Anak

    Menghabiskan waktu dengan anak adalah tindakan menunjukkan apresiasi dan kasih sayang. Ketika anda meluangkan waktu bersama si Kecil, mereka akan merasa dihargai. Misalnya bermain dengannya, membantu pekerjaan rumah dan lain-lain, adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu dengan anak.

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengapresiasi usaha anak. Memberikan ungkapan apresiasi pada sang buah hati tidak hanya perlu dilakukan saat mereka berusia dini. Seiring waktu, Anda harus terus memberikan dukungan pada apa pun yang mereka usahakan.

× Hubungi kami