Setiap anak pasti memiliki bakat masing-masing pada dirinya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bakat adalah dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir. Sementara minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Jadi dapat disimpulkan bahwa bakat merupakan potensi yang ada dalam diri masing-masing anak sejak lahir yang biasanya merupakan kemampuan orang tua yang menurun pada anaknya, bisa juga bakat tersebut muncul secara alami bukan karena faktor keturunan.

Bakat pada anak bisa terlihat sejak mereka usia dini, namun banyak sekali orang tua yang tidak menyadari hal tersebut, hal itu membuat bakat tersebut tidak berkembang. Bakat pada anak akan lebih terlihat sekitar umur 10 tahun dimana ia sudah bisa mengeksplorasi banyak hal. Biasanya akan ada suatu bidang dimana ia tampak paling menonjol dibanding teman-temannya, itulah yang dinamakan bakat.

Nah berikut Geniora News rangkum mengenai 3 Trik Menentukan Bakat Anak sejak dini yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  1. Mengamati kebiasaan dan kegemaran anak

    Moms dapat mengetahui bakat si Kecil hanya dengan cara mengamati kegemaran anak akan sesuatu maupun kebiasaannya sehari-hari. Dari beberapa minat yang ditunjukkan oleh anak, Moms dapat melihat bakatnya ada pada bidang apa. Misal seperti dia senang memainkan musik, dia senang bernyanyi ketika mendengarkan musik, dia senang menggambar, dia senang bermain bola dan lain sebagainya.
    Bila sudah terlihat bidang mana yang ia kuasai, Moms hanya perlu mengarahkannya untuk mempelajari dan mendalami bakatnya tersebut secara rutin.
  2. Membuat daftar minat bakat

    Setelah mengamati kebiasaan dan kegemaran anak, Moms perlu membuat daftar minat dan bakat anak. Disini moms bisa mengetahui lebih detail mengenai di bidang mana mereka terlihat lebih menonjol. Misalkan seperti membuat tabel minat dan bakat. Seperti yang dapat Moms lihat, daftar minat bakat ini berisi tentang bidang yang diminati beserta skor minat mereka, setidaknya berilah 7-10 bidang. Pada tahap ini Moms perlu bertanya kepada anak mengenai kegiatan apa yang paling diminati. Setelah Moms bertanya jangan lupa untuk mengisi skornya. Untuk kolom Skor Minat, Anda harus menilainya berdasarkan respon anak ketika ditanya mengenai bidang tersebut.
  3. Pertajam Skill

    Setelah Moms menilai di bidang apa mereka lebih unggul, tahap selanjutnya adalah pertajam skill mereka. Di tahap ini Moms bisa memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempertajam skillnya, misalkan ikuti mereka lomba, menyekolahkan mereka di bidangnya, atau memberikan mereka pelajaran tambahan misalkan dengan mendaftarkan kursus, pelatihan dan lain sebagaianya.

Nah itu tadi 3 trik mengetahui bakat anak sejak dini. Penting bagi orang tua untuk mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak. Dengan begitu bisa membuat Moms memaksimalkan bakat anak sehingga bisa menjadi potensi agar anak bisa sukses dan berprestasi.

 

Sumber: https://kbbi.web.id/bakat 

 

× Hubungi kami